Kapolda Papua Barat Buka Rakernis Humas, Tingkatkan Kemampuan Hadapi Pilkada 2024

0
Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Humas Polda Papua Barat tahun 2024, Jumat (21/6/2024).

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Johnny Eddizon Isir, membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Humas Polda Papua Barat tahun 2024, Jumat (21/6/2024).

Rakernis ini mengusung tema “Peningkatan kemampuan humas yang presisi guna menjamin kamtibmas yang kondusif jelang pemilihan kepala daerah 2024 di Provinsi Papua Barat” berlangsung sejak 21-22 Juni 2024 di salah satu hotel di Manokwari.

Kegiatan dihadiri oleh Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Ongky Isgunawan, personil Pengemban Fungsi PPID Satker Polda Papua Barat, Personil Pengemban Fungsi Humas Polres jajaran serta personil Bidang Humas Polda Papua Barat.

Kepada jajaran Humas, Kapolda menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Rakernis.

“Tahun ini Polri mengamankan agenda nasional yakni Pemilu 2024. Kita bersyukur rangkaian pengamanan Pemilu Presiden bisa berjalan dengan lancar, kedepan ada agenda Nasional terkait dengan Pilkada serentak 27 November 2024,” ucap kapolda

Dikatakan Kapolda, di beberapa Kabupaten, tahapan persiapan sudah dilakukan penyelenggara KPU. Khusus pendaftaran calon independen dibeberapa Kabupaten sudah berlangsung seperti Teluk Bintuni dan Tambrauw.

Tema pelaksanaan rakernis cukup tepat terkait dengan Pilkada 2024. Konteks Pilkada tahun ini berbeda dengan pilkada serentak tahun sebelumnya yakni pada tahun 2020, 2018, 2017 dan 2015.

Menghadapi pilkada serentak adalah dengan legitimasi sosial yang kuat di masyarakat bukan sekedar legitimasi hukum, melainkan legitimasi sosial yang mencakup kepuasan masyarakat di setiap lini agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Kawan-kawan Humas memiliki andil besar dalam hal ini, untuk menumbuhkan, meningkatkan dan memperkuat modal legitimasi sosial yang kita miliki di Polda Papua Barat dalam menghadapi Pilkada serentak,” tuturnya.

Humas merupakan fungsi utama sebagai sumber informasi yang berkaitan tentang Pilkada, Polda Papua Barat akan menggelar operasi kepolisian dengan sandi mantap praja mansinam 2024 dalam waktu dekat.

“Harapan saya, rekan – rekan Humas membuat pesan-pesan bersifat informatif dan edukatif. Beda pilihan itu biasa, namun kita harus tetap bisa bersatu bersama-sama,” tutu Kapolda Isir.

Usai penyampaian sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan Penabuhan Tifa sebagai tanda dibukanya Rakernis Bidang Humas Polda Papua Barat Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Kapolda juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Polres jajaran yang aktif dalam penginputan aplikasi Portal Humas, SPIT, dan Media Hub. (rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.