HUT ke-56, BPJS Kesehatan Cabang Manokwari akan Gelar Senam Bersama Peserta Program ‘PROLANIS DAY’ pada 12 Juli 2024

0

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bidang Kesehatan atau yang biasa dikenal dengan BPJS Kesehatan, merupakan salah satu program dari pemerintah yang mulai beroperasi sejak 1 Januari 2014.

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes, tetapi kemudian sesuai dengan UU No 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Askes berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Perjalanan karir BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 hingga saat ini tentu tidaklah mudah. Memasuki usia ke-56 tahun, BPJS Kesehatan dengan berbagai pencapaian dan program inovatif terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) di Indonesia.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dr. Dwi Sulistyono Yudo menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas perjalanan panjang BPJS Kesehatan yang terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pesertanya.

“Selama 56 tahun, BPJS Kesehatan telah melalui berbagai tantangan dan berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi untuk memberikan layanan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, baik melalui digitalisasi seperti layanan melalui aplikasi Mobile JKN, Pandawa, dan BPJS Online, maupun peningkatan kapabilitas petugas kami,” ujar Dwi,dalam rilis yang diterima, Senin (8/7/2024).

Selain itu, Dwi juga mengatakan dalam rangka memperingati ulang tahun BPJS Kesehatan yang ke-56, BPJS Kesehatan Cabang Manokwari akan menyelenggarakan senam bersama peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS DAY) pada Jumat, 12 Juli 2024.

“PROLANIS Day merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif BPJS Kesehatan untuk mendorong gaya hidup sehat bagi peserta JKN, melalui senam bersama ini, kami ingin mengajak peserta untuk lebih aktif secara fisik dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan,” ujar Dwi.

Dwi juga mengatakan kegiatan POLANIS Day ini akan dilaksanakan di masing-masing Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pengelola PROLANIS.

“Bentuk kegiatan PROLANIS DAY ini dilakukan tidak hanya senam saja, kami juga melakukan edukasi kesehatan, pemeriksaan penunjang PROLANIS oleh FKTP atau laboratorium kerja sama BPJS Kesehatan kantor Cabang Manokwari,” ujarnya.

Manfaat dari berbagai program dan inovasi BPJS Kesehatan telah dirasakan oleh banyak peserta. Salah satu peserta JKN di Manokwari, Asma Ambarwati, ia memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas pelayanan yang diberikan kepadanya.

“Saat saya dirawat di salah satu Rumah Sakit di Manokwari yaitu RS Dimara, saat itu saya sedang sakit malaria dan mengharuskan mendapatkan pelayanan segera di rumah sakit, saya merasakan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit begitu luar biasa, dimulai dari masuk Instalasi Gawat Darurat hingga ruang rawat inap, semua berjalan baik. Dalam masa pengobatan, saya tidak mengeluarkan biaya sepeser pun karena semua sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Saya secara pribadi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit maupun dari BPJS Kesehatan,” ucap Asma.

Dia juga mengatakan menjadi peserta JKN merupakan hal yang sangat menguntungkan, karena semua layanan kesehatan yang diberikan sangat baik dan semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

“Saya yakin bahwa para peserta JKN merasakan hal yang sama seperti dirinya, dimana saya sangat terbantu dengan adanya BPJS Kesehatan, apalagi saat ini sudah ada yang namanya aplikasi Mobile JKN, sehingga semua pelayanan administrasi semakin efektif dan efisien,” ujarnya.

Asma berharap, seiring dengan bertumbuhnya usia BPJS Kesehatan, yang diiringi dengan tumbuh kembang program-program JKN saat ini, bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa program ini wajib diikuti oleh setiap masyarakat, guna menjamin kesehatan mereka.

“Banyak sudah manfaat yang saya rasakan selama menggunakan BPJS Kesehatan oleh karena itu saya berharap agar semua masyarakat di Indonesia khususnya di Manokwari bisa mendapatkan layanan kesehatan yang sama. Semoga BPJS Kesehatan dapat berjalan terus dan memberikan pelayanan yang berkualitas, setara dan bermutu bagi kami masyarakat, terutama dalam membantu masyarakat yang kurang mampu,” tutup Asma.(rls/red)

 





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.