Hendrik Runaweri: Butuh Komitmen Bersama untuk Capai 70 Persen Kawasan Hutan

0
105
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik Runaweri
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik Runaweri mengatakan, untuk mencapai target 70 persen kawasan hutan, dibutuhkan komitmen bersama.
“Masih 3 persen untuk mencapai target 70 persen kawasan hutan. Memang hal ini tidak terlepas tugas tim tata ruang. Khusus Dishut, akan terus berusaha  sehingga adanya lahan yang masa berlakunya sudah berakhir akan segera dikembalikan, sehingga diajukan kembali untuk penambahan kawasan hutan yang bisa dilindungi,” jelas Hendrik Runaweri, Rabu (6/1/2021).
Menurutnya, hal ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan, perlu diperbanyak ruang terbuka hijau. “Jadi disetiap kabupaten/ kota harus ada hutan kota semacam taman,”ungkapnya.
Hal ini juga dalam rangka mencapai 70 persen target  kawasan hujan. “Cukup berat untuk memenuhi target tersebut diperlukan adanya komitmen karena kawasan dan tanah tidak bertambah tetapi penduduk bertambah,”ujar Runaweri.
Ia mengaku saat ini target yang sudah dicapai yaitu 67 persen kawasan, tersisa 3 persen lagi, sehingga pihaknya sangat optimis target 70 persen pasti tercapai.m“Terkendala pemekaran daerah, pembukaan lahan untuk permukiman warga juga pembangunan jalan dan jembatan,”kata Runaweri. Lanjut Runaweri, untuk perhutanan sosial kawasan hutan ada di 4 daerah yaitu Manokwari, Fakfak, Sorong dan Sorong Selatan. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.