Gubernur: Raker Bupati/Walikota Diharapkan Menjadi Sarana Strategis Membangun Kebersamaan yang Solid

0
119
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama para bupati/walikota se Papua Barat saat raker. (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berharap forum rapat kerja bupati/walikota se Papua Barat menjadi sarana strategis membangun kebersamaan yang solid, mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan, menyamakan persepsi dan mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang telah dilaksanakan melalui program dan kegiatan setiap tahunnya.
Harapan ini disampaikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan sebelum membuka pelaksanaan rapat kerja Bupati/Walikota se- Papua Barat di Hotel Aston Niu  Manokwari, Kamis (4/11/2021).
Menurut Dominggus Mandacan, dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan  diakui masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan secara berjenjang, di antaranya terkait penetapan batas wilayah pemerintahan yang sesuai ketentuan telah melewati batas waktu yang seharusnya.
Sehingga berdasarkan kewenangan yang ada pengambilan keputusan dilakukan oleh pemerintah  dengan mempertimbangkan berbagai faktor baik teknis maupun non teknis, hal ini disebabkan akibat belum adanya kesepahaman menyangkut aturan serta tata kelola pemerintahan yang baik.
Gubernur juga mengharapkan empat ini kepada setiap pimpinan daerah. Pertama, terus melakukan komunikasi pemerintahan secara berjenjang dengan tetap mengedepankan aturan-aturan yang berlaku, serta terus melakukan kerja sama antara daerah, guna menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di daerah.
Kedua, dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, maka baik Provinsi Papua Barat maupun kabupaten/kota se-Provinsi Papua Barat dapat melakukan kerja sama dengan daerah lain dan pihak ketiga guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.
Ketiga, pemerintah daerah  harus mengambil langkah-langkah strategis guna penangangan COVID-19  dan pemulihan ekonomi, yang dituangkan dalam program dan kegiatan  pada APBD masing-masing daerah.
Keempat, gubernur mengajak bupati dan walikota di Provinsi Papua Barat untuk bersama membangun komitmen untuk menjadikan Papua Barat tanpa COVID-19, tanpa miras-narkoba – lem aibon – kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan terhadap anak- anak. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.