Gubernur Mandacan Pimpin Peringatan HUT Provinsi Papua Barat ke-22

0
27
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan memimpin jalannya upacara peringatan hari jadi ke 22 tahun, Selasa (12/9/2021) di halaman kantor Gubernur Papua Barat. (Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Peringati hari jadi Provinsi Papua Barat ke-22 tahun, Pemerintah Provinsi Papua Barat memperingati secara sederhana, hanya melakukan upacara bendera di halaman kantor Gubernur Papua Barat.
Upacara bendera dipimpin langsung oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dihadiri Tim Pemekaran 315 dan seluruh pejabat Forkopimda di tingkat provinsi pada Selasa (12/10/2021).
Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengajak merenung dan menghayati kembali bahwa kelahiran Provinsi Papua Barat di tanah Papua, adalah merupakan karunia Tuhan yang harus disyukuri, karena pada hakekatnya, untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di Papua Barat. Oleh karenanya, dari hati yang paling dalam Gubernur mengajak semua untuk mengisi dan membangun provinsi ini, agar kehadiran dan manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.
Menurutnya usia 22 tahun adalah sebuah perjalanan pendewasaan sebagai provinsi.  Berdirinya Provinsi Papua Barat tidak terlepas dari terbitnya Undang Undang Nomor 45 Tahun 1999 yang diperkuat dengan Inpres Nomor 1 Tahun 2003  Tentang Percepatan Pelaksanaan UU 45 Tahun 1999 oleh Presiden RI saat itu, Megawati Soekarno Putri.
Apresiasi juga diberikan kepada DPRD Irian Jaya yang telah mengeluarkan SK Nomor 10 Tahun 1999 tentang Persetujuan Pemekaran Provinsi Irian Jaya menjadi tiga provinsi, Gubernur Irian Jaya saat itu, Almarhum Jap Solossa, sebagai pejabat pemerintah di provinsi induk, yang telah memfasilitasi secara administrasi beroperasinya provinsi pemekaran Irian Jaya Barat.
Selanjutnya, apresiasi diberikan kepada pejuang pemekaran IJB yang tergabung dalam Tim 315, Bupati Manokwari saat itu (Dominggus Mandacan) yang telah membantu menyediakan tempat, fasilitas dan biaya operasional pemerintah provinsi ini dan pihak terkait lainnya. (aa/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.