Bank Indonesia Lirik Potensi Pariwisata dan UMKM Kaimana

0
36
BI dan Pemda Kaimana
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Pengembangan potensi pariwisata dan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Kabupaten Kaimana mendapat perhatian Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat. Lembaga perbankan ini akan mempromosikan potensi dimaksud pada even BI tingkat nasional.
Membuktikan keseriusannya, Senin (11/10/2021), tim Bank Indonesia perwakilan Papua Barat tiba di Kaimana. Kedatangan tim disambut baik Pemerintah Kabupaten Kaimana diwakili Pj. Sekda, Arsami, SE,MM bersama sejumlah pimpinan OPD teknis.
Kepala Seksi Kehumasan BI Provinsi Papua Barat, Aji Wiratama, yang dikonfirmasi usai pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana menjelaskan, kedatangan tim BI ke Kaimana adalah dalam rangka menggali lebih dalam informasi terkait potensi UMKM dan pariwisata di Kabupaten Kaimana.
Selain itu, dalam waktu dekat BI juga akan melakukan kegiatan fashion show di Kaimana, menampilkan produk khas Kaimana berupa batik, tenun, kain atau lainnya melibatkan anak-anak muda Kaimana. Rekaman hasil fashion show lanjut Wiratama, akan ditampilkan di even nasional BI di Maluku bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan.
Lebih jauh Wiratama juga menjelaskan, kedatangan tim BI ke Kaimana juga untuk melakukan penjajakan, mengingat dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan Kas Keliling Kepulauan 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil) bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut Koarmada III Sorong, yang lokasinya belum diputuskan.
Hal lain yang juga akan BI lakukan di Kaimana adalah menindaklanjuti keputusan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang telah ditandatangani oleh Bupati Kaimana pada 20 September 2021. “Rencana kegiatannya adalah dengan menyusun roadmap TP2DD untuk seluruh kota dan kabupaten di Papua Barat termasuk Kabupaten Kaimana, dan untuk Provinsi Papua Barat dipusatkan di Kota Sorong. Kegiatannya dijadwalkan akhir Oktober hingga minggu kedua November 2021,” terang Wiratama.
Ditambahkan, setelah bertemu dan menyampaikan maksud kunjungan ke Pemerintah Daerah, pihaknya pada Selasa (12/10), akan mulai melakukan survey fisik pada UMKM binaan Pemda Kaimana, serta mengunjungi spot-spot destinasi pariwisata yang menjadi unggulan Kabupaten Kaimana.
“Harapannya semoga nanti kami bisa menyelesaikan penyusunan hasil assesment untuk UMKM potensial dan pariwisata yang akan kami bawa ke even nasional BI. Kemudian untuk UMKM, mungkin kedepan kita bisa bantu dari korporatisasi, pendampingan atau yang lainnya,” tutupnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.