Gemuruh Ribuan Anak Manokwari Warnai Hari Anak Nasional 2024

0
Ribuan anak-anak TK se kota Manokwari berkumpul di GOR Sanggeng rayakan Hari Anak Nasional ke-40 tahun. (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Suasana ceria dan penuh semangat menyelimuti Kota Manokwari pada Sabtu pagi (27/7/2024). Ribuan anak-anak dari 33 sekolah Taman Kanak-Kanak se-Kota Manokwari tumpah ruah di jalanan, mengikuti pawai jalan santai dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tahun.

Pawai yang dimulai dari Jalan Percetakan Negara ini melewati rute yang meriah, menyusuri Jalan Yos Sudarso hingga berakhir di GOR Sanggeng.

Ribuan anak-anak TK se kota Manokwari ikut jalan santai dalam rangka Hari Anak Nasional ke-40 tahun 2024. (Foto: Elyas/klikpapua)

Jalan-jalan utama Kota Manokwari seketika berubah menjadi lautan warna-warni, dipenuhi oleh anak-anak TK yang mengenakan kostum unik dan menarik, masing-masing mewakili ciri khas sekolahnya.

Sorak sorai dan tepuk tangan mengiringi langkah ceria para peserta pawai. Drum band mini yang dimainkan oleh anak-anak TK semakin menambah meriah suasana.

Antusiasme orang tua yang mendampingi anak-anaknya pun tak kalah semarak, mereka turut berbaur dalam kemeriahan acara ini.

Ketua panitia, Nusma, mengungkapkan peringatan Hari Anak Nasional ke-40 tahun di Manokwari merupakan bentuk kepedulian terhadap hak-hak anak dan masa depan bangsa.

“Dengan tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, kita berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik melalui perlindungan optimal terhadap anak-anak,” ujarnya.

Dikatakan Nusma, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran guru, orang tua, dan anak-anak tentang pentingnya perlindungan anak serta memberikan ruang bagi anak-anak untuk berekspresi dan mengembangkan potensi dirinya.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh taman kanak-kanak di Kota Manokwari, sebanyak 33 lembaga, turut berpartisipasi dalam acara ini,” tambah Nusma.

Setelah mengikuti gerak jalan santai, ratusan anak-anak berkumpul di GOR Sanggeng untuk mengikuti senam bersama.

Sekretaris Pokja PAUD Manokwari, Sonya Marola, dalam sambutannya menekankan pentingnya perlindungan optimal bagi anak-anak.

“Mari kita lindungi anak-anak kita, dimulai dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga kita,” ucapnya.

Sonya mengajak seluruh pihak, baik orang tua, guru, maupun masyarakat untuk berperan aktif dalam melindungi anak-anak, memberikan kasih sayang, perhatian, serta pendidikan yang baik.

“Mari kita wujudkan Manokwari yang ramah anak, dimana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal,” ajaknya. (dra)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.