Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor di Sowi IV Baru Beroperasi 2021

0
Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Manokwari Albert Simatupang. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM—Gedung  Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang berada di Sowi IV, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, belum dapat beroperasi di tahun ini. Meskipun telah dilakukan renovasi bangunan pada tahun 2019 lalu.
“Sebenarnya kami merencanakan operasi pada tahun 2020 ini, tetapi karena belum ada jaminan dari sisi keamanan, sehingga baru akan dioperasikan tahun 2021,” ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Manokwari, Albert Simatupang, Jumat (28/2/2020) saat menghadiri Peringatan HUT Basarnas di Dermaga Cokran.
Karena tahun 2020 ada momen Pilkada, dimana daerah dibebankan tanggungjawab dalam pendanaan, sehingga ditangguhkan, dan program tersebut baru akan dilanjutkan di tahun 2021. “Dari sisi keamanan, harus dibangun pos jaga, dan ada pegawai yang tinggal di dalam. Ini untuk menjaga peralatan di situ,” kata Albert Simatupang.
Meskipun diketahui, bahwa Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat telah menyediakan peralatan PKB untuk dihibahkan ke gedung tersebut. “Saya sampaikan bahwa saya tidak bisa menjamin ketika alat-alat itu ditempatkan di gedung. Karena dari sisi keamanan belum memadai. Sehingga mereka simpan di kantor Dinas Perhubungan,” jelasnya.
Sesuai rencana, akan dibangun satu pos satpam, dan tiga rumah tinggal untuk ditempati pegawai yang bertugas di gedung itu.
Manfaat PKB sendiri untuk menjamin keselamatan dari para pengguna kendaraan. Karena di tempat itu akan dilakukan pengujian kendaraan, seperti mengecek rem kendaraan, ban yang tipis dan kapasitas angkutan. (bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.