Forum Musrenbang, Bupati Hermus: Perlu Memperhatikan Visi Misi Pemerintah Daerah

0
57
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan, dalam perencanaan pembangunan, perlu memperhatikan visi misi pemerintah daerah lima tahun kedepan. Ini disampaikan Hermus ketika membuka Musrenbang Tingkat Distrik Prafi,Kamis (18/3/2021).
Visi pemerintahnnya yakni terwujudnya Kabupaten Manokwari sebagai pusat peradaban di tanah Papua, dan ibukota Provinsi Papua Barat yang beradab, religius, berdaya saing, inovasi, maju, mandiri dan sejahtera.
Sedangkan misinya ada 9 poin, yakni pertama, Membangun Manokwari sebagai pusat peradaban di tanah Papua, religius dan toleran berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Kedua, Mengembangkan SDM putra-putri Papua yang berkualitas  dengan menguasai iptek, berintegritas, kreatif dan inovatif dan berdaya saing global sebagai investasi masa depan daerah.
Ketiga, Membangun dan menata infrastruktur kawasan perkotaan ibukota Provinsi Papua Barat secara modern. Keempat, Mengembangkan perekonomian daerah yang mandiri dan produktif berbasis potensi lokal dan sumber daya alam. Kelima, meningkatkan kesejahteraan rakyat secara berkeadilan dan pengurangan kesenjangan sosial. Keenam, Membangun hidup masyarakat yang berkepribadian berbudaya dan berbhinekka tunggal ika sebagai kekayaan dan identitas daerah.
Dan ketujuh, Mengelola lingkungan hidup secara lestari berkelanjutan dan berorientasi masa depan dengan menggunakan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan. Kedelapan, Membina kehidupan masyarakat yang demokratis aman dan damai, serta tertib hukum dan berintegritas dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan yang terakhir Kesembilan, Meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan sistem pemerintahan daerah yang bersifat kuat profesional dan partisipatif. Bebernya
Hermus juga menyampaikan perlu diperhatikan bersama yakni saat ini masih dalam kondisi bencana Covid-19, kasus positif Covid di Manokwari masih menunjukkan grafik yang meningkat. Untuk itu kepada pimpinan OPD, kepala distrik, serta kepala kampung, dalam melaksanakan seluruh program kegiatan tetap mengacu pada protokol Covid-19.
Kepada tim gugus tugas Covid-19, agar memperkuat perubahan perilaku di masyarakat yakni kampanye 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) dan kampanye 3T (Pemeriksaan Dini, Pelacakan, Dan Perawatan).
Kepada seluruh perangkat daerah, agar mengoptimalkan perencanaan dan pemanfaatan anggaran pembangunan secara efisien, efektif, transparan serta akuntabel, sehingga pembangunan yang dilaksanakan dapat mencapai sasaran dan memenuhi ekspektasi masyarakat yang mendambakan pembangunan dari pemerintah daerah.
Ditambahkannya, untuk anggota dewan yang berasal dari daerah pemilihan masing-masing untuk turut berperan aktif dalam forum mursembang distrik ini,  dimana usulan dapat disampaikan dalam forum ini dengan tetap berpedoman kepada dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Manokwari, dan kepada para tokoh masyarakat tokoh agama tokoh perempuan tokoh pemuda serta stakeholder terkait dapat berperan sebagai mitra strategis pemerintah dalam memberikan dukungan masukan dan pengawalan terhadap proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan pembangunan di lapangan.(aa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.