FKPT Provinsi Papua Barat Terbentuk

0
155
Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Kolonel Rahmad Suhendro
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Provinsi Papua Barat (PB) resmi dibentuk. Ini merupakan FKPT ke-33 yang telah dibentuk oleh BNPT. Dengan dibentuknya FKPT Papua Barat dan Papua tahun 2022 ini, maka di seluruh Indonesia telah dibentuk FKPT.
Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Kolonel Rahmad Suhendro mengatakan, dibentuknya FKPT untuk mencegah terorisme, terutama masyarakat milenial dari terpaparnya paham radikal.
“Sekarang ini berkembang penyusupan lewat media sosial. Secara masif mereka mencari calon-calon teroris. Kita bentuk FKPT Papua Barat ini diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh-tokoh adat, sehingga kita bisa mengeliminir tindakan kekerasan yang ada di Papua Barat,” jelas Rahmad Suhendro, Kamis (27/1/2022) di Manokwari usai digelar Focus Group Discussion (FGD) Monitoring Pelibatan Masyarakat Dalam Pencegahan Terorisme.
FKPT sendiri telah dibentuk sejak tahun 2019 di 32 provinsi, namun Papua Barat dan Papua terhambat akibat adanya pandemi Covid-19. “Diharapkan dengan telah dibentuknya FKPT Papua Barat, bisa secepatnya action di lapangan, dan kita bisa mencari akar permasalahan terhadap paham-paham radikal yang berkembang di wilayah ini,” ujar Rahmad Suhendro.
FKPT Papua Barat yang baru terbentuk ini diketuai Drs.Musa Kamudi,Msi (tokoh masyarakat), Sekretaris Dr.Edison Ompe, Spd,MP (Kesbangpol Papua Barat), Bendahara Julius (Pengusaha).
Kepengurusan FKPT dibagi beberapa bidang, yaitu Kabid Agama Sosial Budaya Ida Bagus Putu Candi (FKUB), Kabid Media Massa Hukum dan Humas Bustam,ST (PWI Papua Barat), Kabid Pemuda Pendidikan Rizal Husain (Unipa), Kabid Perempuan dan Anak Adoleina D.Dondologit (Lapepa Papua Barat),Kabid Pengkajian dan Penelitian Prof.Dr.Benidiktus Tanujaya, Msi (Unipa).
Para pengurus FKPT dari seluruh Indonesia, akan dilantik serentak pada 13 Februari di Batu Malang, Jawa Timur, tambah Rahmad Suhendro. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.