DKPP Ajak Insan Pers Manokwari Berikan Informasi yang Mengedukasi Masyarakat pada Masa Pilkada 

0
220
Ketua DKPP-RI,Prof.Muhammad (kedua dari kiri) saat berbincang bersama insan pers di Swiss Belhotel Manokwari, Selasa (24/11/2020). (Foto: Ardo/klikpapua)
Ketua DKPP-RI : Media Merupakan Sumber Kekuatan Terbesar untuk Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI melakukan tatap muka bersama insan pers di Kabupaten Manokwari, Selasa (24/11/2020).
DKPP RI melakukan  tatap muka dengan insan pers di berbagai daerah di Indonesia, dan Manokwari adalah kota ke-31 yang dikunjungii dan masih akan diteruskan ke kota lainnya.
Dalam kegiatan bertajuk Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetren Media) ini, hadir Ketua DKPP RI, Prof. Muhammad, Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Unsur Masyarakat Manokwari, Napoleon Fakdawer dan akademisi Universitas Hasanuddin, Agustiana dan Ketua DKP PWI Papua Barat, Key Tokan Abdulasis.
Muhammad mengajak insan pers di Manokwari  agar turut membantu mewujudkan pilkada damai dan bermartabat melalui berita atau informasi yang mengedukasi kepada masyarakat. Menurut Muhammad, media massa memiliki peranan penting dalam mewujudkan Pilkada 2020 yang berintegritas dan bermartabat.
Peran media, sambung Muhammad,  dirasakan betul oleh DKPP, sehingga lembaga penyelenggara pemilu yang khusus menangani pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu ini pun intens berdialog dengan media massa di berbagai wilayah Indonesia beberapa bulan ini, agar terjalin sinergi dan tercipta pemahaman pilkada yang berintegritas dan bermartabat di kalangan insan media.
Muhammad memaparkan sekilas kondisi pemilu atau pilkada di tanah air dalam kegiatan ini. Menurut data,kondisi pelanggaran kode etik di Papua Barat sudah menurun dari beberapa tahun yang lalu dan terus menurun dan masuk dalam katagori sedang dalam segi aduan “etik”. “Tidak tinggi dan tidak mengkhawatirkan tetapi tetap waspada. DKPP hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan merupakan tempat pengaduan bagi masyarakat yang menemukan pelanggaran atau kecurangan penyelenggara pada saat pilkada,” tutup Muhammad.
Acara Ngetren Media bertujuan untuk menjalin sinergi dan hubungan baik DKPP dengan media. Serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman media terkait urgensi penegakan kode etik di tanah air.(ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.