Dinkes Se-Papua Barat Diminta Siaga Pelayanan Potensi Peningkatan Covid-19

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat menggelar advokasi dan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan pelaksanaan pelayanan imunisasi rutin tingkat kabupaten se-Papua Barat pada, Selasa (12/12/2023) di salah satu hotel di Manokwari.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari sejak 12-14/12/2023, dengan melibatkan petugas Dinas Kesehatan di tujuh kabupaten di Papua Barat.

Para peserta meliputi pengelola program KIA, program Hepatitis, seksi surveilance dan imunisasi pada Dinkes se Papua Barat.

Kabid P2P Dinkes Papua Barat, dr. Nurmawati, meminta para peserta agar tetap mewaspadai potensi peningkatan kasus covid-19, serta siaga terhadap pelayanan vaksinasi covid-19 di daerahnya masing-masing.

“Mau tidak mau, suka tidak suka layanan vaksinasi Covid ini harus tetap kita sediakan,” tuturnya.

Mengamati perkembangan covid-19 belakangan ini, telah terjadi peningkatan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Untuk itu kata, dr. Nurmawati, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan terhadap lonjakan covid-19. Dinas Kesehatan sebagai perpanjangan tangan pemerintah diminta harus tetap siaga.

Hasil dari pertemuan ini, peserta diharapkan dapat mencanangkan kebutuhan maupun sasaran vaksin yang diperlukan, serta pelayanan yang dapat diakses.

Sementara, Perwakilan UNICEF Papua Barat dan Papua Barat Daya, Firman menjelaskan bahwa, Unicef saat ini tengah fokus terhadap zero dose atau nol dosis kepada anak-anak.

Unicef pun mendorong tercapainya imunisasi rutin di daerah yang belum terjangkau oleh imunisasi. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.