Dandim Lumban Ajak Tokoh Sikapi Kantibmas Manokwari Secara Bersama

0
598
Dandim 1801 Manokwari Kolonel Inf.S.Sos.Mi.J. Lumban Toroan. (Foto : Klikpapua.com)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Dandim 1801 Manokwari Kolonel Inf.S.Sos.Mi.J. Lumban Toroan mengajak para tokoh untuk menyikapi persoalan Kantibmas secara bersama.

“Kalau bukan kita, siapa lagi. Orang hanya bertepuk tangan. Empat tahun lalu pimpinan kami di TNI sudah mengutarakan yang namanya proxi word. Proxi word adalah seseorang atau kejadian atau musuh kita yang tidak terlihat. Menggunakan tangan-tangan orang lain. Masuk ke semua lini,” kata Dandim.

Lewat kesempatan itu, Dandim juga menyampaikan pesan Bung Karno. Bahwa perjuangan mereka dulu lebih mudah, karena menghadapi musuh yang sudah jelas. “Kalau kita dimiliter antara hidup atau mati. Membunuh atau dibunuh. Itu dulu jelas. Tapi berjuang sekarang ini, adalah menghadapi rekan-rekan kita sendiri. Anak-anak  kita, adik-adiknya kita, yang mungkin pembinaan mereka sehari-hari belum kena ke hatinya,” jelasnya.

Dan begitu terjadi peristiwa, mereka meluapkan perbuatan-perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan. “Mari kita yang dikatakan Manokwari Kota Injil. Yang mananya injil itu hati sebenarnya yang berbicara. Mohon maaf kepada suadara-saudara saya yang di luar Kristen. Kalau kita melihat hati, Tuhan Yesus yang dimaki-maki, dilempati masih bisa memberikan hati yang memaafkan. Apalagi dengan kita. Padahal kalau Tuhan pada saat itu marah, itu sebentar saja hancur semua. Laut di Berau saja bisa dibelah. Yang mati bisa hidup. Apalagi kita,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk mendukung TNI/Polri dalam menjaga keamanan di Kota Injil Manokwari. (bm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.