Cartensz Malibela Terpilih Sebagai Wakil Ketua IV DPR PB

0
80
Wakil Ketua IV DPR PB

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Fraksi Otsus DPR Papua Barat menggelar rapat dalam rangka pemilihan Wakil Ketua IV Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat periode 2019-2024.

Proses pemilihan yang diikuti 10 anggota fraksi dipimpin Ketua Fraksi George Karel Dedaida,S.Hut.,M.Si berlangsung Ruang Sogun 1 lantai 1 Aston Niu Manokwari, Senin (11/7/2022).

Unsur pimpinan fraksi otsus diantaranya, George Karel Dedaida,S.Hut.,M.Si, Ir Dominggus Urbon dan Sergius Rumsayor,S.S sebagai tim penyelenggara melaksanakan pilihan secara voting tertutup.

Ketua tim penyelengara pemilihan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat George Dedaida menjelaskan bahwa sesuai tata tertib DPR Papua Barat bahwa jabatan Wakil Ketua IV berasal dari jalur pengangkatan.

Hadir dalam proses pemilihan itu 10 anggota diantaranya George Dedaida, Dominggus Urbon, Sergius Rumsayor, Barnike Kalami, Mudasir Bogra, Cartensz Malibela, Maurids Saiba, Yurthinus Mandacan, Agustinus Kambuaya dan Yan Anthon Yoteni, sedangkan Barnabas Sedik berhalangan hadir.

Rapat pemilihan Wakil Ketua DPR Papua Barat menghasilkan Cartensz Malibela terpilih sebagai Wakil Ketua IV dengan mengantongi 3 suara dari 10 hak pilih yang hadir.

“Berdasarkan kesepakatan bersama bahwa jika ada yang tidak hadir maka dianggap mendukung hasil keputusan, 8 orang yang mencalonkan diri dan hasil terakhir Pak Malibela terpilih dengan perolehan 3 suara, disusul Ibu Barnike Kalami 2 suara dan 6 lainnya masing-masing 1 suara,” jelas George Dedaida.

Hasil keputusan rapat ini akan segera diusulkan kepada pimpinan DPR Papua Barat untuk selanjutnya disampaikan kepada Kemendagri melalui Gubernur agar mendapat Surat Keputusan (SK) kemudian dilantik.

Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor,S.IP yang turut menyaksikan proses pemilihan Wakil ketua IV itu menyampaikan pihaknya segera mempercepat pengusulan kepada Mendagri melalui Gubernur Papua Barat.

“Segera kami usulkan kepada Mendagri melalui Gubernur Papua Barat agar mempercepat proses SK Wakil Ketua IV DPR Papua Barat supaya pelantikan segera dilaksanakan, jabatan ini segera diisi karena merupakan perintah PP 106 UU Nomor 2 tahun 2021,” jelas Orgenes Wonggor.

Orgenes berharap, Cartensz Malibela yang baru terpilih dapat bersinergi dengan unsur pimpinan dewan yang sudah ada sehingga bisa berbagi peran dalam melaksanakan tugas dalam alat kelengkapan DPR Papua Barat.

“Selalu berada di Manokwari untuk berbagi tugas ketika ada hal-hal yang bersifat internal pimpinan dewan,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat terpilih Cartenz Malibela menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan dari fraksi Otsus kepadanya, karena dia minta dukungan dari semua pihak terutama rekan-rekannya

Dia menegaskan bahwa akan bekerja sesuai dengan isi pakta integritas dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena fraksi otonomi khusus berasal dari latarbelakang adat berbeda-beda.

“Saya siap melaksanakan tugas sebagai Wakil Ketua IV DPR Papua Barat, loyal terhadap pimpinan dewan, pimpinan fraksi otsus serta rekan-rekan fraksi, karena moto kami 1 untuk 11 dan 11 untuk 1,” pungkasnya.

Cartensz minta dukungan dari 56 anggota DPR Papua Barat serta masyarakat adat.

Setelah terpilihnya wakil ketua IV ini maka unsur pimpinan DPR Papua Barat sudah lengkap terdiri dari 1 ketua dan 4 Wakil Ketua.(red)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.