Foto bersama para pengurus IDI cabang Manokwari saat rapat kerja. (Foto : Ist)

KLIKPAPUA.COM, MANOKWARI- Rapat kerja pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Manokwari periode 2019-2022 diharapkan menjadi forum tukar pikiran dan berbagi pengalaman, untuk dapat menghasilkan  gagasan, pemikiran  inovasi yang kreatif untuk meneguhkan komitmen dalam mensukseskan  tujuan organisasi profesi.

“Mengingatkan  kepada pengurus  IDI  untuk meningkatkan pelayanan, dan sebagai profesi dokter dalam melayani  masyarakat  di pelosok-pelosok, agar lebih intens turun ke lapangan melihat secara langsung kondisi pasien yang membutuhkan uluran tangan,” kata Bupati Manokwari dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda Manokwari, Mersyana Djalimun di Swiss Belhotel Manokwari, Sabtu (25/5/2019).

Dikatakan, peran aktif  IDI dalam peningkatan status kesehatan masyarakat melalui aktivitas yang efektif  tentunya  memerlukan strategi dan kebijakan.

Raker ini diharapkan membawa informasi arah dan kebijakan profesi kedokteran di masa yang akan datang, sekaligus arah dan kebijakan nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, dr. Alfred Bandaso mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari pelantikan pengurus IDI cabang Manokwari periode 2019-2022 yang telah diakui dan disahkan oleh  pengurus besar IDI melalui surat keputusan  pengurus besar IDI No 0348/PB/ A.4/04/2019-2022.

Diera globalisasi dan era yang lebih modern banyak perkembangan dari dunia kedokteran  yang semakin hari semakin bertambah, baik itu dari segi pengobatan  dan juga penyakit-penyakit baru yang bermunculan  serta isu isu strategis di dunia kedokteran.

“Untuk itu penting adanya pertemuan -pertemuan strategis  di dunia kedokteran  dalam membahas  dan memecahkan  permasalan yang ada di seputar  dunia kedokteran,” kata Bandaso.

Selain itu dibutuhkan kerjasama yang baik dan saling menghargai sesama profesi dalam  meningkatkan mutu pelayanan  terhadap masyarakat.

Adanya sinergitas antara dokter spesialis dan dokter umum dalam sistem rujukan di wilayah  kerja masing-masing,  sehingga memperlancar  proses pelayanan  kesehatan kepada masyarakat.

Juga dibutuhkan kerjasama  yang baik  antara puskesmas-puskesmas dengan rumah  sakit, sehingga masyarakat merasa nyaman,  aman dalam menerima pengobatan .

“Sebagai kadis kesehatan saya sangat mendukung pertemuan ini, guna menunjang  kesejahteraan  dan keselamatan,  serta menjaga  kesehatan masyarakat di Manokwari,” pungkas Bandaso. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.