Bupati Hermus: PKK Sangat Berperan Penting Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

0
42
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Bupati Manokwari Hermus Indou mengucapkan selamat kepada pengurus TP-PKK yang baru saja dilantik, masa bhakti 2021-2024.
“Semoga dengan  dilantiknya pengurus yang baru  dapat menjalankan kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh amanat,” demikian kata Bupati Manokwari, Hermus Indou saat melantik TP-PKK, Selasa (23/3/2021) di Aston Niu Hotel Manokwari.
Menurut Bupati Hermus, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu-ibu sebagai penggeraknya, tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.
“Keluarga harus sejahtera, karena keluarga merupakan bagian terkecil slaam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila semua sudah diwujudkan dalam keluarga tentu akan berimpilkasi pada terwujudnya masyarakat Kabupaten Manokwari,” katanya.
PKK dengan 10 program pokoknya yakni penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan beroperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang strategis. “Apabila 10 program pokok tersebut sudah membudaya maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh dan tidak hanya berfokus pada kesejahteraan,” ujar Hermus.
Menurut Hermus, PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB, melalui program pengembangan berkoperasi PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. PKK juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).
“PKK memiliki visi terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta sejahtera lahir dan batin. Sehingga setiap keluarga disadarkan akan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat madani, salah satu upaya untuk mewujudkan visi gerakan PKK adalah dengan pemberdayaan masyarakat akan terwujud bila ada upaya untuk memberdayakan keluarga yang dapat diupayakan dengan fasilitasi non instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan,” ucapnya.
Ia menambahkan dimana pemberdayaan keluarga ini penting karena akan menghasilkan kemandirian keluarga.Ini menjadi tugas mulia tim penggerak PKK Kabupaten Manokwari untuk terus memotivasi, membimbing dan membina TP PKK distrik, kampung beserta para kadernya sehingga lebih berdaya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
Bupati berharap kepada Ketua Tim Penggerak PKK dan pengurus yang baru dilantik agar dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah  serta  memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar solusi strategis dapat diambil khususnya saat ini, yang mana kita menghadapi kondisi pandemi akibat wabah Covid-19 dan isu stanting yang mengancam masa depan bangsa.
“Saya mengharap agar kita tim penggerak PKK Kabupaten Manokwari turut membantu dalam akreditasi penuntasan berbagai program pembangunan sebagai upaya kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Manokwari ini menjadi daerah yang religius budaya adil dan sejahtera sebagaimana visi yang ingin kita wujudkan bersama,” tutupnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.