Bupati Hermus Lantik 26 Kepala Kampung di Manokwari

0
82
Bupati Manokwari Hermus Indou resmi melantik 24 Kepala Kampung Terpilih dalam Pemilihan Kepala Kampung Serentak tahap II tahun 2021 dan 2 Kepala Kampung Pergantian Antar Waktu (PAW) di Kabupaten Manokwari. (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—- Bupati Manokwari Hermus Indou  resmi melantik  24 Kepala Kampung Terpilih dalam Pemilihan Kepala Kampung Serentak tahap II tahun 2021 dan 2 Kepala Kampung Pergantian Antar Waktu (PAW) di Kabupaten Manokwari yang dilaksanakan di gedung Sasana Karya, kantor Bupati Manokwari, Sowi, Kamis, (30/9/2021).
Pantauan klikpapua.com yang mana pelantikan kepala kampung terpilih dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan prosesi pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah janji jabatan oleh 26 kepala kampung terpilih.
Bupati Manokwari  Hermus Indou mengucapkan selamat dan sukses kepada 26 kepala kampung yang baru saja dilantik dengan harapan dapat membawa wajah baru dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di tingkat kampung.
Khususnya pada 16 kampung di Distrik Manokwari Selatan, tiga Kampung di Distrik Manokwari Barat, lima kampung di Distrik Manokwari Timur dan 2 kampung di Distrik Tanah Rubuh. “Saya ucapkan terima kasih kepada kepala kampung yang sudah mengabdi dan menyelesaikan amanah yang diberikan masyarakat selama 6 tahun,” tuturnya.
Menurut Hermus, UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 72 ayat 4 menyebut “alokasi dana kampung ADK paling sedikit 10% dari dana perimbangan yang diterima kabupaten/ kota dalam APBD setelah dikurangi DAK, jumlah nominal yang diberikan berdasarkan pada geografis desa, jumlah penduduk dan angka kematian.” “UU tersebut merupakan salah satu komitmen besar untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.”
Menurut Hermus, UU tersebut merupakan salah satu komitmen besar untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk mensejahterakan rakyat Indonesia diperlukan pembangunan sampai ke kampung-kampung, sehingga tidak ada lagi istilah kampung tertinggal.
UU tentang Desa dapat menjadi salah satu komitmen program yang berpihak pada rakyat sebagai dasar pembangunan yang merupakan wujud keberpihakan kepada kelompok masyarakat sebagai akar rumput dalam piramida kependudukan berada pada posisi bawah.
Hal ini, kata Hermus, menjelaskan bahwa setiap tahun kampung akan menerima dana miliaran rupiah untuk kemajuan kampung. Untuk itu dirinya meminta kepala kampung agar transparan dalam pengelolaan dana kampung alokasi maupun dana prospek otsus. “Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena sejalan dengan banyaknya pendanaan yang masuk ke kampung, tren pengawasan yang dilakukan oleh OPD teknis, APIP, kepolisian, kejaksaan,BPKP dan juga LSM yang semakin ketat,” ungkapnya.
Dikatakan, menjadi seorang kepala kampung memiliki tugas dan tanggungjawab yang bukan hanya terfokus pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang diusulkan ke Pemerintah Kabupaten, tapi idealnya seorang kepala kampung harus mampu membawa masyarakat hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong yang saat ini hampir punah.
“Jadilah seorang kepala kampung yang senantiasa memegang teguh amanah dan berkomitmen atas janji yang dituangkan dalam visi dan misi dengan mendukung program pemerintah Kabupaten Manokwari dalam mewujudkan fokus kegiatan pembangunan sebagai gerbang utama terwujudnya Kabupaten Manokwari sebagai pusat peradaban di tanah Papua dan ibukota provinsi Papua Barat yang beradab, religius, berdesain, inovasi, maju, mandiri dan sejahtera,” jelasnya.
Bupati juga pesan kepada kepala kampung yang baru dilantik untuk memegang amanat yang dipercayakan, selalu dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat dan martabatnya serta mampu memahami dan menyerap aspirasi serta menjaga keutuhan dan keharmonisan masyarakat.
“Kepada seluruh kepala kampung yang baru dilantik selamat bekerja cepat menyesuaikan dengan Rencana Kerja Pembangunan Kampung (RKPK) dan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Kampung (APBK) tahun 2021, yang telah disusun dan ikut serta dalam proses pelaksanaannya sampai proses evaluasi dan pengawasannya,” tandasnya.
Dari data yang dihimpun klikpapua.com, 26 kepala kampung yang dilantik, yakni 1. Moses Mandacan Kepala Kampung Warmomi Distrik Manokwari Selatan, 2. Zadrak Mandacan sebagai Kepala Kampung Weluri Distrik Manokwari Selatan, 3. Linus Saroy Kepala Kampung Misapmeysi, 4. Yonas Ullo Kepala Kampung Wasuami Distrik Manokwari Selatan. 5.Tarkus Rumbobiar Kepala Kampung Wamesa Distrik Manokwari Selatan.  6.Septinus Aibu Kepala Kampung Dobut Distrik Manokwari Selatan, 7. Ema O Ayok Kepala Kampung Nginibouw Distrik Manokwari Selatan, 8. Kule Dowansiba Kepala Kampung Masyepi Distrik Manokwari Selatan,  9. Antoni Indou Kepala Kampung Wasai Distrik Manokwari Selatan.
10.Jefri Liberth Ayok Kepala Kampung Mupi Distrik Manokwari Selatan.  11. Yance Indou Kepala Kampung Warmomi Distrik Manokwari Selatan, 12. Kristian Katebu Kepala Kampung Katebu Distrik Manokwari Selatan,  13. Gidion Dowansiba Kepala Kampung Dihara  Distrik Manokwari Selatan,  14. Yosina Y Mansim Kepala Kampung Maruni Distrik Manokwari Selatan, 15.
Yesaya Ullo Kepala Kampung Anggresi Distrik Manokwari Selatan.  16. Yohanes Dedi Mansim Kepala Kampung Acemo Distrik Manokwari Selatan, 17. Sem Meidodga Kepala Kampung Susweni Distrik Manokwari Timur, 18. Agus Meidodga Kepala Kampung Bakaro Distrik Manokwari Timur,  19. Oktovina Meidodga Kepala Kampung Aipiri Distrik Manokwari Timur, 20.
Welly Rumsayor Kepala Kampung Mansinam Distrik Manokwari Timur. 21. Yonas Mandacan Kepala Kampung Ayambori Distrik Manokwari Timur,  22. Harun Mandacan Kepala Kampung Inggramui Distrik Manokwari Barat,  23. Natalius Salabay Kepala Kampung Soribo Distrik Manokwari Barat,  24. Melkianus Simeyon Nuham Kepala Kampung Tanah Merah Distrik Manokwari Barat,  25. Boas Udop Kepala Kampung Ayawi Distrik Tanah Rubuh, 26. Onisa Sayori Kepala Kampung Urwambei Distrik Tanah Rubuh. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.