Bunda Literasi Ajak Semua Terlibat untuk Tumbuh Kembang Membaca Masyarakat

0
62
MANOKWARI KLIKPAPUA.com—Budaya membaca di Kabupaten Manokwari hingga saat ini masih ditemui banyak hambatan, mulai dari kurangnya bahan bacaan,  serta akses internet yang hingga saat ini masih  terbatas.
“Untuk itu sebagai bunda literasi yang baru dikukuhkan, saya mengajak stakholder untuk terlibat aktif dalam pengupayaan tumbuh kembang minat gemar dan budaya baca masyarakat, baik dari lingkungan keluarga, satuan pendidikan, maupun dikalangan masyarakat,” ujar Bunda Literasi Kabupaten Manokwari, Ny.Febelina Indou saat membacakan sambutan dalam pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Manokwari dan Pembukaan Pelatihan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Sabtu (27/11/2021) di aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Manokwari.
Bunda Febelina mengatakan, dengan  terlibatnya semua pihak, maka akan tercipta generasi yang literat dan berkarakter dengan pengembangan perpustakaan sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif informatif, kreatif riset dan penelitian.
Dimana budaya membaca tidak hanya untuk usia anak saja, tetapi hak semua orang  baik orang dewasa hingga para lansia, untuk maju seperti daerah lainnya.
Literasi dalam konteks bukan hanya bagaimana suatu bangsa bebas dari utang dan masalah, tetapi yang lebih penting bagaimana warga memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dengan bangsa lainnya untuk menciptakan kesejahteraan.
Menurutnya semua ini sejalan dengan visi kedua yang dicetuskan oleh Bupati dan Wakil Bupati Manokwari, yakni mengembangkan SDM putra dan putri Papua yang berkualitas menguasai imtek berintegritas kreativ dan inovatif dan berdaya saing global sebagai investasi masa depan.
Literasi adalah kemampuan seseorang memahami apa yang tersirat yang diperoleh dengan membaca. Budaya membaca merupakan kegiatan positif rutin yang baik dilakukan untuk menyerap segala informasi yang terbaik
“Melalui strategi kelima yang disusun adalah meningkatkan budaya membaca masyarakat melalui penyediaan sarana dan prasarana atau taman baca dengan dukungan pengelolaan yang berkualitas,” pungkasnya.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.