Bintuni, Fakfak dan Kaimana Realisasi NPHD 100 Persen

0
280
Rustam Efendi, Plt Sekretaris KPU Papua Barat.(Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)  untuk Provinsi Papua Barat  ada tiga kabupaten  yang sudah realisasi 100 persen yakni Kabupaten  Bintuni,  Kabupaten  Fakfak dan Kabupaten Kaimana .
Sedangkan  yang baru 90 persen adalah  Kabupaten Manokwari,  Kabupaten Wondama dan Kabupaten  Sorong Selatan,  dan yang baru terealisasi 40 persen adalah Kabupaten Pegunungan Arfak  dan Kabupaten Manokwari Selatan. Hal ini disampaikan Plt Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat saat ditemui  di ruang kerjanya, Kamis (16/7/2020).
Untuk Kabupaten Manokari Selatan  sudah dilakukan pertemuan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang dipimpin langsung oleh Sekda Manokari Selatan, sehingga Mansel tidak ada masalah, karena sudah disepakati bersama anggaran sebesar Rp 20 Miliar lebih. “Persisnya saya tidak tau, tapi sudah disepakati dan telah dituangkan didalam bentuk kesepakatan dengan KPU Kabupaten Mansel bersama Pemda yang disaksikan oleh Sekretaris KPU Papua Barat. Memang untuk draf Mansel sendiri  ada selisi di draf rancangan anggaran yang bisa disebut rumus perkalian yang tidak lengkap, sehingga hasilnya tidak maksimal,” ungkapnya.
Sementara untuk Kabupaten Pegunungan Arfak  Rustam akui sudah melakukan konfirmasi ke KPU Pegunungan Arfak dan Pemerintah Daerah Pegunungan Arfak, sehingga pihaknya tinggal menunggu laporan.
Lebih lanjut Rustam mengatakan untuk Kabupaten Manokwari sendiri masih kurang Rp 5 Miliar dari jumlah NPHD sebesar Rp 50 Miliar.”Jadi  yang sudah ada Rp 45 Miliar. Dengan kurangnya Rp 5 Miliard bukan menjadi hambatan  KPU Manokwari  untuk melaksanakan tahapannya. Yang mana tidak lama lagi semua kabupateen/kota akan melakukan transfer ke KPU sesuai dengan  NPHD yang telah ditanda tangani pada tahun 2019,” tuturnya.
Menurut Rustam Rp 5 miliar itu tidak menjadi hambatan  KPU Manokwari untuk melaksanakan tahapan.  “Mungkin akan menunggu dalam waktu 2-3 hari kedepan Pemda akan menyalurkannya dan Pemda Manokwari tetap komitmen NPHD yang telah ditandatangani bulan November lalu antara almarhum Bupati dan Ketua KPU Kabupaten Manokwari, sehingga  mereka tetap konsisten dengan itu,” pungkasnya.(aa/bm)

Editor: BUSTAM

 

 

 

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.