Beberapa Sekolah di Manokwari Mulai Beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka Belajar

0
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manokwari Martinus Dowansiba. (Foto: Elyas/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Beberapa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Manokwari sudah mulai menerapkan kurikulum terbaru yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) RI yakni kurikulum merdeka belajar, pada tahun ajaran 2022/2023.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manokwari Martinus Dowansiba. Dikatakan bahwa sekolah tingkat SD dan SMP di Manokwari perlahan mulai menerapkan kurikulum tersebut.
“Adanya program Kurikulum merdeka belajar, ini sedang dilaksanakan,” kata Martinus kepada wartawan, Senin (8/8/2022)
Martinus berujar, pelaksanaan kurikulum merdeka belajar berkaitan dengan kompetensi guru, sehingga nantinya tidak ada perbedaan antara guru swasta maupun guru negeri.
“Sehingga yang perlu kita benahi adalah SDM guru, kalau kompetensinya bagus di mata masyarakat semua sekolah sama, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan antar sekolah,” ungkapnya.
Dikatakan, peningkatan SDM guru sendang digalakkan dengan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap guru-guru pada tingkat SD dan SMP. Karena, yang paling utama dalam penerapan kurikulum merdeka belajar adalah peningkatan kompetensi guru, yang diharapkan nantinya dapat mengurangi permasalahan penerimaan siswa baru.
“Ya, kita sekarang sudah mulai, hampir semua sekolah yang menerapkan itu baru SMP, kalau SD baru beberapa sekolah. Kita tetap memberikan pemahaman kepada guru-guru terkait dengan ini,” bebernya.
Diupayakan tahun ini, lanjut dia, semua SMP negeri maupun swasta mengikuti asesmen nasional. Saat ini yang sudah mengikuti asesmen nasional baru dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta yakni SMPN 2 Manokwari dan SMPN 1 Manokwari, untuk sekolah swasta ada SMP Yapis Manokwari dan SMPIT Manokwari. (dra)
SPACE
SPACE
SPACE
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.