Bapenda Manokwari Tempeli Stiker KPK di Sejumlah Rumah Makan dan Karaoke Penunggak Pajak

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Manokwari melakukan penempelan stiker berlogo KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) kepada sejumlah wajib pajak yang terdata menunggak pembayaran pajak pada, Senin (7/11/2022).

Bapenda Manokwari pasang stiker berlogo KPK di Rumah Makan Anugerah di Jalan Manado. (Foto: Elyas/klikpapua)

Sejumlah wajib pajak seperti rumah makan dan karaoke di Manokwari, diantaranya pelaku usaha rumah makan di jalan Manado, rumah makan di jalan Yos Sudarso dan di jalan trikora Andai.

Sementara pelaku usaha karaoke di jalan pasir, stiker tersebut berlogo KPK dan Pemda Manokwari, bertuliskan “Objek Pajak ini Belum melunasi kewajiban pajak daerah”.

Pada stiker itu juga memuat peringatan pembayaran pajak bertuliskan “Segera lakukan pembayaran pajak untuk menghindari penagihan pajak dengan surat paksa sesuai UU No.19 tahun 2000”.

Kasubid Pendaftaran dan Pendataan Bappenda Manokwari, Dodik Pramudiyanto menjelaskan, tindakan pemasangan stiker sebagai bentuk penagihan pajak daerah dan penindakan administratif kepada calon wajib pajak yang belum patuh melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Disebutkan, para wajib pajak sejumlah rumah makan rata-rata menunggak selama dua tahun. Rumah makan tersebut diantaranya Rumah Makan Anugrah di jalan Manado, Rumah makan Sederhana di jalan Yos Sudarso dan rumah makan Bu Isti di Andai.

“Ada yang nunggak sampai dua tahun seperi rumah makan Anugerah, Untuk rumah makan sederhana langsung mengklarifikasi dan membayar ke Bapenda, sementara rumah makan Bu Isti belum ada klarifikasi,” sebutnya.

Untuk karaoke Bibi menunggak selama dua tahun, dan belum ada klarifikasi sampai hari ini.

Dodik menjelaskan, sejumlah wajib pajak karaoke dan rumah makan dikenakan pajak sebesar 10 persen.

“Hari ini masih diberikan peringatan, kalau tidak diindahkan ada sanksi berat berupa pencabutan izin,” tukasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.