Asuransi Sinar Mas Selenggarakan Literasi Keuangan Bagi Siswa dan Guru di Manokwari

0
112
Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali melanjutkan kegiatan Literasi Keuangan bagi siswa dan guru SMP dan SMA Advent Manokwari pada 19 November 2020 lalu yang dilakukan secara virtual. (Foto: Humas Asuransi Sinar Mas)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali melanjutkan kegiatan Literasi Keuangan. Kegiatan kali ini dilakukan bagi siswa dan guru SMP dan SMA Advent Manokwari pada 19 November 2020 lalu, dan dilanjutkan bagi siswa dan guru SMA Negeri 1 Manokwari pada 20 November 2020.
Literasi keuangan diselenggarakan secara virtual mengingat kondisi masih pandemi. Materi literasi keuangan disampaikan dalam bentuk sosialisasi mengenai pentingnya perencanaan keuangan serta pengenalan asuransi. Selain itu juga diberikan edukasi mengenai pentingnya menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak) yang disampaikan oleh Dokter Simas Sehat untuk mencegah dan mencegah penyebaran Covid – 19.
“Kami memberikan edukasi dan pengetahuan mengenai salah satu instrumen perencanaan keuangan yaitu asuransi, pengenalan mengenai Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan mengajak siswa/i untuk membiasakan budaya menabung. Kami berharap  kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. Dan tidak berhenti atau terbatas hanya di wilayah Manokwari saja, namun juga dapat dilanjutkan ke wilayah lainnya,” ujar Sahat Jeffry Sihalolo, Pimpinan Wilayah 3 PT Asuransi Sinar Mas dalam rilis yang diterima klikpapua.com, Jumat (27/11/2020).
Meskipun kegiatan literasi diselenggarakan secara virtual, namun tidak mengurangi semangat dan antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan ini khususnya dalam sesi tanya jawab. Seperti kegiatan literasi lainnya, Asuransi Sinar Mas dalam kegiatan juga memberikan perlindungan asuransi mikro secara gratis dan juga celengan impian  bagi seluruh siswa dan guru. Total 1.155 kartu asuransi simas mikro dan 94 kartu asuransi simas perlindungan yang dibagikan secara gratis bagi siswa dan guru di kedua sekolah ini.
“Terima kasih kepada PT Asuransi Sinar Mas yang memberikan asuransi gratis kepada siswa – siswa, guru, serta staf di Yayasan Pendidikan Advent ini. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami semua. Itu sebabnya tak putus-putusnya kami mengucapkan terima kasih serta kami terus berdoa agar PT Asuransi Sinar Mas tetap jaya dan menjadi saluran berkat bagi seluruh anak bangsa di seluruh tanah air dari Sabang sampai Merauke,” ujar V. Lumabiang, M.MPd, Kepala Sekolah SMP dan SMA Advent Manokwari dalam sambutannya.
“Saya melihat kegiatan literasi keuangan ini merupakan suatu kebutuhan bagi guru dan anak – anak kami. Karena kembali lagi dengan memiliki pengetahuan tentang keuangan, dengan sendirinya kita akan mempunyai perencanaan yang baik ke depan, baik hari ini atau masa akan datang. Apabila tidak diimbangi dengan mengatur keuangan yang baik, maka semua yang menjadi perencanaan dan cita-cita tidak akan berjalan dengan lancar.
Harapannya agar kebiasaan menabung akan menjadi budaya bagi anak-anak, sehingga saat masa depan akan menjadi pola sehingga melakukan sesuatu sudah berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap Lucinda Mandobar M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 1 Manokwari.
Literasi keuangan bagi siswa dan guru SMA Negeri 1 Manokwari, yang juga dilakukan secara virtual.
Sebelumnya PT Asuransi Sinar Mas telah menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi online selama bulan Oktober 2020 yang bertepatan juga dengan Bulan Inklusi Keuangan. Peserta meliputi sekolah di wilayah Lombok – Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, Unggaran – Semarang serta Berau – Kalimantan Timur.
PT Asuransi Sinar Mas sebelumnya pernah mengadakan kegiatan literasi bagi siswa – siswi dari 8 sekolah di wilayah Merauke pada tahun 2017 serta bagi siswa – siswi dari SD Bonaventura Sentani, Papua pada tahun 2019 lalu. Kegiatan literasi keuangan selanjutnya akan diadakan bagi para Petani dan UMKM di Manokwari, Papua Barat. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.