SKK Migas Pamalu dan KKKS Kebaktian dan Perayaan Natal Bersama Masyarakat Sorong 

0
425

SORONG,KLIKPAPUA.COM— Sebagai bagian akhir dari rangkaian perayaan Natal 2019,  SKK Migas Perwakilan Pamalu bersama Kontraktor KKS menggelar perayaan natal bersama tahun 2019, dengan mengundang pemangku kepentingan dan masyarakat di sekitar kantor SKK Migas Pamalu di Kota Sorong, Papua Barat.

Acara diadakan di dua tempat, yaitu di kantor SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, Gedung Graha, Jl. Ahmad Yani, untuk kebaktian natal dewasa dan Aula GKI ex Jemaat Zoar untuk perayaan natal anak-anak.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Pamalu A. Rinto Pudyantoro mengatakan tema nasional natal GKI tahun ini, yaitu ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang (Yohanes 15:13-15)’, sangat sejalan dengan semangat operasi industri hulu migas selama ini. “Dalam menjalankan kegiatan operasi, kami selalu ingin menjadi sahabat baik untuk lingkungan hidup maupun lingkungan sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi,” ujar Rinto.

Dikatakannya, SKK Migas dan Kontraktor KKS selalu mengupayakan pemanfaatan sumberdaya migas sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Salah satu contohnya adalah dengan mendukung terbitnya Perdasus DBH Migas di Papua Barat. Regulasi ini memberikan kepastian mengenai distribusi penerimaan DBH Migas sampai ke level kabupaten/kota. Setelah diperjuangkan sekian lama, akhirnya DPR Papua Barat  mengesahkan Raperdasus DPH Migas menjadi Perdasus DBH Migas.

Rinto menambahkan, SKK Migas juga terus berupaya memperbaiki tata kelola bisnis hulu migas, termasuk terkait proses di internal SKK Migas. Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah menerapkan ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Suap di organisasi ini. SKK Migas mendapatkan sertifikasi ISO 37001 dari Badan Sertifikasi Nasional (BSN) pada bulan Oktober 2018. SNI ISO 37001:2016 adalah sebuah instrumen yang dirancang untuk membantu sebuah organisasi mengembangkan, mengimplentasikan, dan memperbaiki program anti suap. Instrumen ini berisi serangkaian tindakan, kontrol, atau prosedur yang harus dilakukan untuk mencegah, mendeteksi, dan mengatasi suap.

“SKK Migas menerapkan SMAP ini supaya kami bisa fokus kepada pekerjaan kami dan dapat menjaga reputasi SKK Migas,” ujar Rinto. Ditambahkannya, SKK Migas sudah lama mengkampanyekan budaya 4 No, yaitu No Bribery, No Kick Back, No Gift, dan No Luxurious Hospitality. “Kita menerapkan zero tolerance terhadap pelanggaran atas 4 No ini,” ujar Rinto.

Upaya lain yang dilakukan industri hulu migas untuk menjadi sahabat masyarakat adalah melaui rangkaian kegiatan menjelang peringatan natal yaitu kegiatan nonton bersama film-film kebangsaan, donor darah serta bazaar sembako dan alat tulis murah yang hasilnya disumbangkan ke panti asuhan di sekitar kantor SKK Migas Perwakilan Pamalu.

Turut hadir dalam perayaan natal tersebut adalah Komandan Kodim Sorong Letkol Budiman. Dalam sambutannya, beliau mengajak jemaat yang hadir untuk memaknai natal dengan nilai-nilai kesederhanaan dan sosial dengan berbagi. “Kita dapat membawa perdamaian dalam pikiran, pekerjaan, dan pergaulan kita sesuai dengan tema natal kali ini,” ujarnya.

Beriringan dengan perayaan natal dewasa, juga diadakan perayaan natal untuk anak anak sekolah minggu, yang bertempat di seberang Kantor SKK Migas. Lebih kurang 400 anak bergembira, memuji Tuhan dan bersukacita bersama dalam acara  ‘Natal bersama Sinterklas dan Sahabat Hulu Migas’.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan donasi hasil bazaar kepada dua panti asuhan yaitu Panti Asuhan Pelangi 3 Kota Sorong dan Panti Asuhan Sinar Kasih Kabupaten Sorong.

Rangkaian kegiatan menjelang perayaan dan perayaan natal di kantor SKK Migas Pamalu ini didukung oleh KKKS yang beroperasi di Klaster Sorong yaitu PT Pertamina EP Asset 4 Field Papua, JOB Pertamina-PetroChina Salawati (JOB PPS), Petrogas (Basin) Ltd, dan Mont’DOr Salawati Ltd. Kegiatan dijalankan dengan kerja sama serta dukungan penuh dari Pendeta dan Jemaat Gereja GKI Zoar, Sorong.(rls/bm)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.