Timsel Bawaslu Kabupaten se-Papua Barat Gelar Sosialisasi di Kaimana

0
Timsel Bawaslu Kabupaten

KAIMANA, KLIKPAPUA.com— Tim seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten se-Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi pembukaan pendaftaran calon Anggota Bawaslu Kabupaten Periode 2023-2028, Senin (29/5/2023).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang Media Center Bawaslu Kabupaten Kaimana ini dipimpin langsung Sekretaris Tim Seleksi, Sahri, S.Pd,M.Si didampingi anggota Timsel Sefnat Djitmau dan Kabag Administrasi Bawaslu Papua Barat, David Wabia.

Sekretaris Timsel, Sahri dalam kegiatan sosialisasi menjelaskan, seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten se-Provinsi Papua Barat ini bersifat transparan dan terbuka untuk umum, dengan batas usia peserta paling rendah 30 tahun.

Timsel tegasnya, diberikan kewenangan untuk menyeleksi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi penyelenggara Pemilu di lembaga Bawaslu pada 7 kabupaten yakni Kabupaten Manokwari, Fakfak, Kaimana, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Wondama dan Pegunungan Arfak.

Tahapan pendaftaran sendiri terang Dosen STIA Asy,Syafi’iyah Kaimana ini dimulai sejak 29 Mei hingga 7 Juni 2023. Tim seleksi yang terdiri dari 5 orang, hanya akan melakukan seleksi hingga 6 besar dengan sistim penilaian yang obyektif.

Ia mengajak putra-putri terbaik Kaimana untuk ikut ambil bagian dalam tahapan seleksi, yang dimulai dari proses pemberkasan. “Setelah hasil pemberkasan diumumkan, akan dilanjutkan dengan tahapan seleksi berikutnya yaitu CAT, Psikotes, Tes Kesehatan dan Wawancara,” terang Ketua PCNU Kaimana ini.

“Tim seleksi akan bekerja netral dengan tetap menjunjung tinggi integritas serta independensi sebagai tim seleksi,” tegasnya.

Anggota Timsel, Sefnath Jimau, ST menambahkan, pada saat seleksi berkas, Timsel akan mencari delapan kali kuota Bawaslu. Dalam hal ini, karena jumlah anggota Bawaslu Kabupaten Kaimana 3 orang, maka Timsel pada tahap seleksi berkas akan mencari 24 orang didalamnya sudah ada keterwakilan 30% perempuan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Tahapan seleksi lanjutnya, berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, dimana pada bulan Agustus mendatang sudah dilakukan proses pelantikan Komisioner Bawaslu terpilih.

Sementara Kabag Administrasi Bawaslu Papua Barat, David Wabia mengajak para peserta seleksi agar selama proses pemberkasan terus membangun komunikasi dengan pihak narahubung, sehingga proses pemberkasan berjalan lancar.

Sosialisasi ini dihadiri kurang lebih 50 orang yang merupakan perwakilan dari tokoh masyarakat, BKPRMI Kaimana, perwakilan Pemuda Katolik Kaimana, GMNI Kaimana, GMKI Kaimana, PMI Kaimana, mahasiswa STIA Asy,Syafi’iyah, Politeknik Lengguru, serta PWI Kabupaten Kaimana.(iw)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.