Terkait Pimpinan DPRD, Dewan Adat Kaimana Akan Surati Parpol

0
335
Johan Werfete, Ketua Dewan Adat Kaimana.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Dewan Adat Kaimana akan menyurati partai politik terkait posisi pimpinan DPRD Kaimana yang nanti akan disahkan. Dewan adat meminta partai politik yang berhak menempati kursi pimpinan DPRD agar mengedepankan semangat otonomi khusus.

Ketua Dewan Adat Kaimana Johan Werfete menyampaikan disela menghadiri syukuran HUT TNI ke-47 di Kodim 1804 Kaimana, Sabtu (5/10/2019). Dikatakan, surat kepada parpol sudah disiapkan dan akan segera diserahkan.

“Melihat semua persoalan yang terjadi terutama kondisi Papua yang mengalami kesenjangan sosial maka kami merasa perlu untuk menyurati setiap partai politik. Tujuannya agar Parpol mempertimbangkan posisi pimpinan DPRD agar diberikan kepada putra-putri asli Papua,” ujar Werfete.

Diakui, penetapan pimpinan DPRD memang merupakan kewenangan internal parpol, namun Parpol juga perlu mempertimbangkan apa yang menjadi harapan masyarakat adat terutama yang ada di Kabupaten Kaimana.

“Kami menyadari bahwa penetapan pimpinan DPRD itu hak Parpol, tetapi kami juga berharap Parpol perlu melihat apa yang menjadi keinginan dan harapan masyarakat sesuai semangat otonomi khusus,” tukasnya.

Lebih jauh Ketua DAK juga berharap agar DPRD Kaimana dapat bekerja dengan hati dan mengedepankan kepentingan rakyat. DPRD lanjutnya lagi, harus jeli melihat permasalahan masyarakat yang ada di Kabupaten Kaimana.

‘’Terutama dengan kondisi sekarang yang terjadi di Kabupaten Kaimana, pimpinan maupun anggota DPRD harus bisa mendekatkan diri dengan masyarakat dan bersinergi dengan aparat keamanan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,’’ pungkasnya.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.