SMTK Negeri Kaimana Mulai Dibangun

0
120
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Bupati Kaimana, Freddy Thie berkesempatan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Negeri Kaimana di Kilo Nol Jalan Batu Putih, Senin.
Pembangunan SMTK Negeri ini merupakan program Kementerian Agama RI melalui Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Barat dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat. Program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kaimana.
Hadir melakukan peletakan batu pertama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat, DR. Yan Kristianus Kadang, SE,MM didampingi Kabid Pendidikan Agama Kristen Kanwil Agama, Bernadus Dowansiba, S.Th,M.Th.
Bupati Kaimana Freddy Thie dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama melalui Kanwil Kemenag Papua Barat yang memiliki kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kaimana.
“Kami selaku Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Agama RI dan dan khususnya Kakanwil Agama Papua Barat yang punya kepedulian untuk melihat anak-anak Kaimana. Kami memberikan dukungan penuh terhadap terlaksananya program ini,” ujar Bupati.
Bupati juga menjelaskan, lokasi pembangunan SMTK Negeri ini sengaja ditempatkan jauh dari kota, karena di lokasi ini nanti Pemerintah Kabupaten Kaimana akan membangun sekolah berpola asrama, yang diharapkan dapat menampung anak-anak dari kampung.
“Ini sangat membantu adik-adik kita dari 84 kampung, yang kalau datang sekolah disini sudah tidak lagi berpikir masalah tempat tinggal. Pemerintah Daerah mendukung penuh kehadiran SMTK Negeri ini. Kalau hanya soal izin atau rekomendasi, dimana saja kita siap untuk tandatangan kalau itu untuk kepentingan masyarakat,” ujar Bupati.
Sementara Kakanwil Agama, Yan Kristianus Kadang, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kaimana yang telah memberikan dukungan penuh bagi kehadiran SMTK Negeri di Kaimana. Ia mengaku bangga karena Bupati juga sangat peduli terhadap kebutuhan anak-anak Papua.
Untuk diketahui, SMTK Negeri Kaimana yang sebelumnya berstatus swasta ini, menurut pemaparan Kabid Pendidikan Agama, Bernadus Dowansiba, merupakan satu dari 3 SMTK Negeri yang akan dibangun di Papua Barat. Dua lainnya adalah SMTK Pelita Sembab di Kabupaten Manokwari dan SMTK Diaspora di Kabupaten Sorong.
Tiga SMTK ini, menyatakan diri bersedia menyerahkan aset kepada Kementerian Agama RI untuk selanjutnya diproses menjadi sekolah negeri pada tanggal 13 Januari 2013. Lalu pada 3 April 2018, tiga SMTK ini disetujui untuk dinegerikan berdasarkan keputusan Menteri Agama RI Nomor 1005 tanggal 19 November 2019.
Status sekolah negeri 3 SMTK ini selanjutnya diresmikan oleh Dirjen Bimas Kristen RI Prof.Dr.Thomas Penturi, M.Si pada 13 Maret 2020. Dan 3 SMTK yang dinegerikan ini, merupakan SMTK Negeri pertama di seluruh Indonesia dan berada di Provinsi Papua Barat. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.