Persembahan Tari, Puisi dan Lagu Putra-Putri Kaimana Semarakkan Upacara HUT RI 76

0
65
KAIMANA,KLIKPAPUA.com—Meski diguyur hujan, upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Kabupaten Kaimana, Selasa (17/8/2021) berjalan lancar. Perayaan HUT kali ini lebih berwarna, karena diselingi tari-tarian, puisi dan lagu kebangsaan dari putra-putri Kaimana yang menggugah rasa nasionalisme.
Upacara pengibaran bendera yang digelar di Halaman Kantor Bupati Kaimana ini, dipimpin Bupati Kaimana, Freddy Thie. Sementara pada penurunan bendera petang hari, dipimpin Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada, SP.
Sama seperti tahun sebelumnya, akibat pandemi Covid-19,  upacara peringatab HUT RI ke-76 ini melibatkan peserta dalam jumlah terbatas. Setiap peserta diwajibkan menjalani protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dengan memakai masker.
Hadir, Ketua DPRD Kaimana Irsan Lie sekaligus membacakan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan RI, Dandim 1804 Kaimana Letkol Inf. Chairi Suhanda, Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, SIK,MH, Danyon 764/IB Letkol Inf. Dwi Dipoyono, Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana Wahyudi Eko Husodo, SH,MH, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kaimana Dinar Pakpahan, SH,MH dan lainnya.
Selain Forkopimda, peserta upacara dari TNI, Polri, Satpol PP juga dibatasi, masing-masing hanya berjumlah 5 orang. Demikian pula Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) juga hanya berjumlah 6 orang, 3 di antaranya bertugas pada upacara pengibaran dan dan 3 lainnya bertugas pada upacara penurunan.
Namun meski digelar terbatas karena pendemi Covid-19, upacara memperingati HUT RI ke-76 kali ini sedikit berbeda dan bahkan lebih berwarna dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya digelar tanpa acara selingan, kali ini ada suguhan tarian kontemporer, puisi dan lagu-lagu kebangsaan yang dipersembahkan putra-putri Kaimana untuk menggugah rasa nasionalisme masyarakat Kaimana, baik yang menghadiri upacara maupun yang mengikutinya melalui video streaming.
Sehari sebelumnya, Pemerintah Daerah juga menggelar kegiatan pengibaran bendera merah putih secara serempak melibatkan para tokoh adat Kaimana, yang dilanjutkan dengan acara Dialog Kebangsaan bertempat di Taman Kota Jokowi Iriana.
Selain itu, Pemda melalui panitia pelaksana yang dibentuk juga menggelar sejumlah perlombaan dan pertandingan melibatkan masyarakat umum. Diantaranya; pertandingan futsal, pertandingan Bola Volley, serta lomba foto selfie, tiktok, vlog dan lainnya bertajuk Kaimana Untuk Indonesia.
Usai upacara tingkat daerah, Forkopimda berkesempatan mengikuti upacara secara virtual peringatan detik-detik proklamasi tingkat nasional. Dalam upacara ini, Forkopimda tampak kompak mengenakan mahkota kasuari dan cenderawasih. Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD pada kesempatan tersebut mengenakan busana batik, sementara unsur Forkopimda lainnya tetap mengenakan seragam satuannya masing-masing. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.