Penumpang Mudik Lebaran dari Kaimana Naik, KM Tidar Layani hingga Surabaya

0
86
Kepala PT. Pelni Cabang Kaimana, Surahman, M.Mar.E
KAIMANA,KLIKPAPUA.com— Jumlah penumpang kapal dari Kaimana yang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini mengalami kenaikan sekitar 30% hingga 50%. Jumlah ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya pasca ada kelonggaran aturan melakukan mudik dari pemerintah.
Untuk mengatisipasi lonjakan penumpang yang akan berangkat dari Kaimana menuju kota-kota tujuan, PT. Pelni telah menyiapkan 3 unit armada kapal yakni KM Tatamailau, KM Nggapulu dan KM Tidar.
Khusus KM Tidar, jika sebelumnya hanya melayani penumpang hingga pelabuhan Makassar, saat arus mudik lebaran tahun 2022 ini, akan berlayar hingga Surabaya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menuju wilayah Jawa.
Kepala PT. Pelni Cabang Kaimana, Surahman, M.Mar.E menyampaikan ini ketika ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (22/4/2022). Dijelaskan, puncak arus mudik dari Kaimana tujuan luar terjadi pada 24 April untuk penumpang KM Tatamailau dan tanggal 26 April untuk penumpang KM Tidar dan KM Nggapulu.
Mengingat mudik lebaran ini terjadi pada masa pandemi Covid-19 lanjut Kepala Pelni, maka setiap penumpang diwajibkan menjalani Vaksin I, II dan Booster sesuai surat edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19.
“Untuk penumpang yang sudah Vaksin I dan II itu harus disertai hasil PCR/Antigen.Sedangkan penumpang yang sudah vaksin Booster tidak perlu PCR/Antigen lagi, langsung saja beli tiket dan naik kapal.Tambahannya khusus bagi anak-anak berusia 6-17 tahun, kalau sudah divaksin ke II itu sudah tidak PCR/Antigen lagi.Ini ketentuan dari pusat melalui surat edaran Gugus Tugas Covid Nomor 16 Tahun 2022,” terang Surahman.
Menutup keterangannya, Kepala Pelni Surahman menghimbau kepada para pengguna jasa KM Pelni yang hendak mudik agar selama perjalanan tetap menjaga kesehatan dan mentaati protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan memakai masker.
“Harus tetap patuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker supaya tiba di tempat tujuan itu kita sehat, keluarga sehat.Jangan sampai kita bawa penyakit untuk keluarga yang menunggu disana,” pesannya. (iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.