Penanaman 800 Pohon Warnai HMPI di Kaimana

0
109
Sejumlah perwakilan elemen masyarakat usai menerima bibit pohon yang akan ditanam pada HMPI 2019.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Penanaman 800 bibit pohon di tiga lokasi berbeda mewarnai peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kaimana, Kamis (14/11/2019). Kegiatan yang mengusung tema “DAS Sehat Sejahterakan Rakyat” ini difasilitasi Kantor Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat Wilayah IV Kaimana.

Aksi penanaman pohon serentak ini dihadiri Asisten II Setda Kaimana Tahmid Husein, SE mewakili Bupati Kaimana sekaligus membacakan sambutan tertulis Gubernur Papua Barat, Ketua Pengadilan Negeri Kaimana Benyamin Nuboba, SH, Wakapolres Kompol Ismail Ibrahim, Wakil Ketua DPRD Jaquilina Claudia serta sejumlah Pimpinan OPD dan Instansi Vertikal, serta tokoh masyarakat.

Lokasi penanaman pohon berdasarkan laporan penanggungjawab kegiatan yang juga Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Kaimana, Ir. F.I. Lawalata, dilaksanakan pada tiga titik yakni; sepanjang bahu jalan dalam hal ini tepi pantai mulai dari Air Tiba hingga depan Polres Kaimana, halaman sekolah, serta tempat ibadah, karena selain tanaman kehutanan, ada juga jenis tanaman hias dan buah-buahan.

Total 800 bibit tanaman tersebut adalah; untuk jenis tanaman kehutanan terdiri dari bintangur, tanjung dan glodokan tiang sebanyak 450 anakan, jenis tanaman hias palem kipas, palem kuning dan bougenvile sebanyak 150 anakan, serta jenis tanaman buah-buahan berupa mangga dan rambutan yang diokulasi sebanyak 200 anakan.

Dijelaskan, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini dimaksudkan untuk mengajak seluruh komponen bangsa agar menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan, dalam rangka merehabilitasi hutan dan lahan, menjaga kelestarian sumber daya alam, serta sebagai gerakan moral untuk menanam dan memelihara pohon.

Sedangkan tujuan kegiatan lanjut Lawalata, adalah; menambah luasan tutupan hutan dan lahan; mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi hutan dan devorestasi; serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan; memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa; serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sesuai pantauan, kegiatan penanaman pohon serentak di Kabupaten Kaimana ini diawali penyerahan bibit tanaman secara simbolis oleh Asisten II Tahmid Husein kepada perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, DPRD, Polri, TNI, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal dan lainnya.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.