Pemda Kaimana Siapkan Bantuan 2,6 M untuk Pelaku UMKM

0
42
Bupati Kaimana, Freddy Thie
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM tahun ini, menyediakan bantuan modal usaha sebesar Rp.2.635.000.000 untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Bupati Kaimana, Freddy Thie menyampaikan ini ketika melaunching Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) dan Kuliner Kaimana yang berlokasi di Eks Gudang Pasifik Krooy, baru-baru ini.
Dijelaskan, dana sebesar Rp.2,6 Miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Kaimana Tahun Anggaran 2022 ini, akan diberikan masing-masing sebesar Rp.5 Juta kepada 388 orang, Rp.10 Juta kepada 26 orang dan Rp.20 Juta kepada 10 orang.
“Ini bentuk perhatian dari pemerintah daerah untuk mama-mama atau bapak-bapak yang mempunyai kemampuan atau keahlian dalam mengembangkan usaha, baik itu makan minum maupun kerajinan tangan atau lainnya,” ujarnya.
Diharapkan dalam waktu dekat ini lanjut Bupati, bantuan modal kerja dimaksud bisa diserahkan kepada para penerima yang telah mengajukan proposal ke Dinas Perindagkop dan telah dilakukan validasi dan verifikasi.
“Petunjuk saya dengan anggaran 2,6 M ini kita persentasekan 70:30. 70% untuk OAP dan 30% untuk yang kita istilah amber, dalam arti lahir besar di Kaimana.Bagi yang tidak punya usaha tapi punya keinginan untuk memulai usaha, itu nanti kita siapkan peraturan bupati dan mereka akan diberikan kesempatan tetapi persentasenya kecil,” terang Bupati.
Ditambahkan, untuk memaksimalkan pemanfaatan modal kerja yang diberikan, kedepan ada 3 organisasi perempuan Kaimana yakni PKK, GOW dan Dharma Wanita yang akan mendampingi para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.