Pelantikan Dijadwalkan April, Kekosongan Jabatan Bupati Akan Diisi Sekretaris Daerah 

0
162
KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih di tiga kabupaten yakni Kaimana, Fakfak dan Sorong Selatan yang sedianya dilaksanakan pada 24 Maret 2021, diundur pada bulan April 2021 sesuai keputusan Kemendagri.
Kekosongan jabatan Bupati di masa transisi antara 24 Maret hingga tanggal pelantikan di bulan April, akan diisi oleh Sekretaris Daerah, dalam hal ini Penjabat Sekda Luther Rumpumbo untuk Kabupaten Kaimana.
Kabag Tata Pemerintahan Setda Kaimana Fransisco Edward Beruatwarin, S.STP,MM menyampaikan ini setelah melakukan konsultasi sekaligus menyerahkan usulan pemberhentian dan pengangkatan Bupati dengan Biro Pemerintahan Setprov Papua Barat di Manokwari beberapa waktu lalu.
“Jadwal pelantikan diatur secara terpusat oleh Kemendagri. Jadi pelantikan bukan 24 Maret tapi sekitar Bulan April. Cuma kepastian tanggal atau minggu ke berapa itu nanti secara resmi akan disampaikan oleh Kemendagri. Nah selang waktu antara tanggal 24 sampai tanggal pelantikan itu akan diisi oleh pelaksana harian (Plh) Bupati, dalam hal ini Sekretaris Daerah aktif. Untuk kita di Kaimana akan diisi oleh Penjabat Sekda Luther Rumpumbo,” terang Edward.
Untuk memperkuat kedudukan Sekda sebagai pelaksana tugas harian Bupati lanjut Edward, akan ada surat penugasan atau sejenisnya melalui radio gram yang akan disampaikan langsung oleh Gubernur Papua Barat kepada pelaksana tugas harian Bupati.
Ia juga menjelaskan, pada 24 Maret yang seharusnya menjadi tanggal pelantikan, akan ada acara seremonial, dimana Bupati periode 2016-2021 akan menyerahkan memory akhir masa jabatan kepada Sekda selaku Plh Bupati, namun tidak dimaksudkan sebagai serah terima jabatan.
Sementara terkait pelantikan Bupati terpilih, Edward mengatakan, pelantikan direncanakan akan dilaksanakan di Manokwari dengan undangan hanya tiga orang selain Bupati-Wabup terpilih bersama istri dan anak. Setelah pelantikan Bupati-Wabup, akan dilanjutkan dengan pelantikan Ketua PKK dan Ketua Dekranasda yang dijabat oleh Istri Bupati. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.