Masyarakat Kaimana Komitmen Jaga Situasi Tetap Aman    

0
519

KLIKPAPUA,KAIMANA- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Tokoh Masyarakat dan Seluruh Elemen Masyarakat Kabupaten Kaimana berkomitmen untuk tetap merapatkan barisan dan bersatu menjaga situasi daerah agar tetap aman dan kondusif pasca Pemilu 17 April 2019.

Demikian isi komitmen bersama Forkopimda, FKUB, Tokoh Masyarakat dan Seluruh Elemen Masyarakat Kabupaten Kaimana yang dideklarasikan oleh Bupati Matias Mairuma, Kapolres AKBP Robert A. Pandiangan, SIK,MH, Dandim 1804/Kaimana diwakili Kasdim Mayor Inf. Nasrudin Umasugi, serta perwakilan elemen masyarakat disela pertemuan di Kaimana Beach Hotel, Rabu (24/4/2019).

Dalam deklarasi komitmen bersama ini, Forkopimda, FKUB dan perwakilan Tokoh Masyarakat juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kaimana atas kerjasama yang selama ini dibangun sehingga pelaksanaan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg Tahun 2019 berjalan dengan aman dan sukses.

Bupati Matias Mairuma mengawali deklarasi mengatakan, menjaga situasi negara maupun daerah agar tetap aman dan kondusif pasca pemilihan umum, merupakan tanggungjawab bersama seluruh masyarakat. Oleh karenanya, peran tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan elemen penting lainnya dalam menciptakan situasi damai ditengah masyarakat menjadi sangat strategis dalam menjaga Kamtibmas sehingga persoalan di tempat lain tidak sampai terjadi di Kaimana.  

“Kalau melihat situasi dan kondisi secara nasional itu memang mengerikan karena banyaknya stateman dan lain sebagainya. Karenanya kita di tingkat daerah diminta untuk menjaga situasi keamanan tetap kondusif. Kita diminta untuk terus memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat agar situasi yang tidak kondusif di tempat lain tidak boleh sampai di Kaimana,” tegas Bupati.

Lebih jauh Bupati mengajak masyarakat untuk kembali menjalin kembali tali silahturahmi dan hubungan persaudaraan yang sempat renggang pada saat pemilihan umum. “Pesan dari pimpinan teratas bahwa pesta demokrasi ini sudah selesai, mari menjalin kembali hubungan silahturahmi dan merajut kembali tali persaudaraan yang kemarin sempat renggang,” ajak Bupati.

Di tempat yang sama, Ketua MUI Kaimana Ustadz Zein Farisa, Ketua FKUB Arnoldus Baronama, serta Ketua Klasis GPI Pdt. Endi Raprap mewakili gereja-gereja berkomitmen untuk bersama-sama masyarakat menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif. “Pertemuan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk kita sama-sama menjaga keamanan dan mempersatukan segala bentuk perbedaan ditengah masyarakat,” ungkap Ketua MUI. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.