Jelang KBMAP, Kapolres Gelar Pertemuan dengan Tokoh Masyarakat

0
34
Kapolres Gelar Pertemuan dengan Tokoh Masyarakat Kaimana.
KAIMANA,KLIKPAPUA.com— Jelang pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) IV di Kaimana yang dijadwalkan 25-30 Oktober 2021 mendatang, Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, SIK, menggelar pertemuan dengan para Tokoh Adat (Toda), Tokoh Agama (Toga), Tokoh Pemuda (Topem) dan Tokoh Perempuan (Toper).
Pertemuan yang berlangsung di Rumah Makan Belia, Kamis (30/9/2021) ini, bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait suksesnya pelaksanaan KBMAP di Kabupaten Kaimana selaku tuan rumah.  Kapolres Kaimana I Ketut Widiarta mengawali pertemuan menyampaikan terima kasih atas kesediaan para tokoh masyarakat untuk hadir dalam kegiatan yang digelar pihaknya.
Kapolres mengatakan, pertemuan digelar karena masalah keamanan dan ketertiban berkaitan dengan kegiatan KBMAP IV di Kabupaten Kaimana menjadi tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat dan bukan hanya pihak Kepolisian.
Karenanya, peran tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan lanjut Kapolres, sangat dibutuhkan untuk memberi contoh yang baik kepada masyarakat dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.
Kapolres juga jelaskan, saat ini situasi Kabupaten Kaimana dengan jumlah penduduk 62.000 lebih masih dalam keadaan aman dan kondusif. Namun masyarakat diminta untuk tidak terlena karena mungkin ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang mau mengacaukan keadaan.
“Kenapa KBMAP IV ini dibuat di Kaimana, karena sampai saat ini Kaimana masih aman dan konfusif. Tetapi kita tidak boleh terlena. Mungkin saja ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengacaukan keadaan. Sehingga kita harus sama-sama menjaganya,” ajak Kapolres.
Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Dewan Adat Kaimana (DAK), Johan Werfete. Ketua DAK mengajak seluruh masyarakat Kaimana, baik dari suku asli maupun suku nusantara untuk mendukung kegiatan KBMAP IV dengan menciptakan situasi yang aman dan kondusif.
Dijelaskan, KBMAP ini sudah tiga kali digelar dan yang keempat akan dilaksanakan di Kabupaten Kaimana. KBMAP merupakan kegiatan Dewan Adat sebagai organisasi kultur yang digelar setiap lima tahun dengan tujuan untuk melakukan evaluasi kinerja dan pemilihan dewan pengurus baru.
“Mari bersama-sama mendukung kegiatan KBMAP yang rencananya akan dilaksanakan 25-30 Oktober 2021. Kita sama-sama jaga keamanan, kami juga tentu akan membangun kebersamaan dengan pihak keamanan,” ungkap Johan. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.