Dinsos dan KB Kaimana Peringati Hari Keluarga Nasional ke-29   

0
65
Dinsos dan KB Kaimana Peringati Hari Keluarga Nasional ke-29
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-29 tahun 2022 diperingati serentak di seluruh Indonesia, Rabu (29/6/2022).
Di Kabupaten Kaimana, acara puncak Harganas Tahun 2022 yang mengusung tema “Optimalisasi 8 fungsi keluarga untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan agar Kaimana bebas stunting” ini, dirayakan di Halaman Kantor Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
Hadir dalam kegiatan ini, Asisten I Setda Kaimana Luther Rumpumbo, S.Pd,MM sekaligus mewakili Bupati Kaimana, Kepala Dinas Kesehatan Arifin Sirfefa, SKM,MM, sejumlah Kepala OPD, pejabat perwakilan TNI-Polri, para mitra KB dan lainnya.
Acara puncak Harganas ke-29 ini sendiri ditandai pemotongan kue ulang tahun, serta diwarnai pemberian hadiah kepada para pemenang lomba Tribina, Fasilitas Terbaik, Akseptor/Keluarga Harapan dan Parade Genre (Generasi Berencana).
Asisten I, Luther Rumpumbo mewakili Bupati Kaimana menyampaikan selamat merayakan Hari Keluarga Nasional ke-29. Ia berharap melalui momentum Harganas ke-29, upaya pengendalian penduduk menuju keluarga yang sejahtera di Kabupaten Kaimana dapat terus dilakukan dan ditingkatkan.
Dikatakan, Pemerintah memiliki tujuan baik dalam melakukan pengendalian laju pertumbuhan penduduk, karena yang diharapkan dari upaya ini adalah bagaimana setiap anggota keluarga hidup sehat dan sejahtera.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Yacob Surbay, SE dalam sambutannya juga mengatakan, keluarga adalah kelompok sosial paling kecil didalam masyarakat. Keluarga adalah sumber kebahagiaan dan keluarga adalah perisai dalam menghadapi segala persoalan.
Kepala Dinas juga menjelaskan, pemerintah saat ini tengah berjuang menghadapi ancaman stunting yang penanganannya terhambat karena fokus pada penanganan penyakit yang diakibatkan Covid-19.
Pada rapat terbatas tanggal 25 Januari 2022 lanjutnya, BKKBN ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai pelaksana program percepatan penurunan stunting, dengan target yang ditetapkan sebesar 14% pada tahun 2024 dari angka 27,6% pada tahun 2020 berdasarkan data Studi Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) Tahun 2020.
“Pada momentum Hari Keluarga Nasional ke-29 ini, hendaknya dapat menjadi daya ungkit keberhasilan program dan menjadi penguat komitmen bersama untuk percepatan penurunan stunting,” ujarnya sembari mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kaimana untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen bersama dalam percepatan penurunan stunting. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.