Bupati-Wabup Kaimana Dilantik 26 April Mendatang

0
96
KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Kaimana dijadwalkan berlangsung pada 26 April 2021. Bersamaan dengan Kaimana, akan dilantik pula Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak dan Sorong Selatan.
Hal ini didasarkan pada Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 131/1921/OTDA yang ditujukan kepada Gubernur Papua Barat perihal pelantikan serentak periode kedua Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Indonesia, termasuk Papua Barat.
Dalam surat tertanggal 25 Maret 2021 dimaksud disebutkan, pelantikan serentak periode kedua dilaksnakan secara virtual dan secara hybrid pada tanggal 26 April 2021 bagi kabupaten/kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada Bulan Februari 2021 dan sudah selesai sengketa PHP di MK, serta kabupaten/kota yang akhir masa jabatan kepala daerahnya pada Bulan Maret dan April 2021.
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kaimana, Edward Beruatwarin, S.STP,MM membenarkan hal ini. Ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/3/2021), Edward mengatakan, surat dari Kemendagri bagian OTDA bernomor 131/1921/OTDA dimaksud, ditujukan kepada Gubernur.
Sementara untuk tingkat kabupaten, masih menunggu surat dari Gubernur menindaklanjuti surat kementerian dimaksud. “Iya benar pelantikan serentak tahap II telah ditetapkan pada tanggal 26 April 2021 berdasarkan surat dari Kemendagri Bidang OTDA kepada 32 Provinsi termasuk Papua barat. Sementara surat dari Gubernur kepada setiap kabupaten belum dikirimkan kepada kami,” ungkapnya.
Disinggung terkait teknis pelaksanaan pelantikan, Edward jelaskan, Pemda Kaimana masih menunggu petunjuk resmi dari Gubernur Papua Barat, terkait apakah akan digelar secara virtual atau hybrid sesuai petunjuk dalam surat dari kementerian. “Kami masih menunggu surat dari Gubernur terkait dengan teknis pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Karena dalam surat tersebut dikatakan bahwa pelantikan dapat disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” pungkasnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.