Bupati: Ekspektasi Masyarakat Harus Naik Ribuan Kali dengan Kehadiran Kabupaten

0
174

KLIKPAPUA,KAIMANA- Ekspektasi masyarakat seharusnya naik ribuan kali dengan kehadiran kabupaten. Masyarakat harus optimis bahwa melalui kerja keras dan kerja nyata, harapan dan keinginan untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan pasti mencapai hasil yang maksimal.

Demikian Bupati Kaimana Matias Mairuma saat menyampaikan sambutan pada acara puncak peringatan HUT Kabupaten Kaimana ke-16 yang dipusatkan di Pantai Bantemi Kaimana, Sabtu (4/5/2019).

HUT Kaimana ke-16 yang jatuh pada 12 April 2019 ini, baru dirayakan karena bertepatan dengan moment Pemilihan Umum.

Dikatakan, ekspektasi masyarakat harus naik karena telah banyak perubahan yang dicapai Kabupaten Kaimana sejak terbentuk pada tahun 2003. Jika dibanding-bandingkan dengan kabupaten lain yang sama-sama dimekarkan, maka secara fisik maupun non fisik, Kaimana sudah berada dalam fase yang sedikit maju.

Hal ini dapat dilihat dari pola hidup masyarakat yang telah banyak berubah. Kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan mengalami peningkatan, meskipun sedikit mengalami penurunan semangat akibat rendahnya motivasi guru dalam mengabdi. Pelayanan kesehatan juga demikian, mengalami peningkatan meskipun diikuti dengan peningkatan jumlah penyakit tertentu, seperti HIV-AIDS.    

“Dulu hanya ada perahu kajang, sekarang longboat. Dulu tidak ada guru yang dikirim dari kabupaten, provinsi atau pusat, yang ada hanya guru-guru penginjil yang hanya mempunyai ijasah sarjana pendidikan dari lubuk hati dan lulusan SPG tapi menghasilkan dokter. Dulu orang sakit hanya dilayani oleh mantri, tapi angka HIV-AIDS itu nol. Begitu hadirnya kabupaten, pengidap HIV-AIDS di masuk kategori tinggi di Tanah Papua. Apakah ini arti dari sebuah kabupaten yang hari ini kita rayakan?,” tanyanya.

Lanjut Bupati, perekonomian masyarakat juga mengalami peningkatan, termasuk infrastruktur yang mulai merambah hingga ke kampung-kampung. Perubahan lain yang terjadi adalah Kaimana dulu ketika masih berstatus kecamatan hanya mengelola anggaran 5-6 Miliar, namun seiring berjalannya waktu hingga memasuki usia yang ke-16 ini, APBD Kabupaten Kaimana telah berada pada angka 1 Triliun lebih.

Dengan peningkatan ini, Bupati mengajak seluruh pemangku peran untuk bersama-sama mewujudkan harapan para pendahulu untuk memajukan Kaimana, dengan melipatgandakan hasil pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, serta pembinaan kemasyarakatan.

“Dengan 5-6 Miliar yang dulu kita dapat dan hari ini 1 Triliun lebih. harusnya kita hasilkan 1000 dokter. Karena harapan tetua kita dulu, dengan status kabupaten, kita akan mendapatkan hasil berlipat ganda di semua sektor, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, pembinaan kemasyarakatan. Itulah maka saya tekankan, dengan kehadiran kabupaten ini, ekspektasi kita harus naik ribuan kali. Masih ada kesempatan untuk merubah wilayah ini menjadi lebih baik,” tegas Bupati.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.