Bupati Matias Akui Proposal yang Masuk Hanya Tentang Kelapa Sawit

0
494

KLIKPAPUA.COM,KAIMANA–Bupati Kaimana Matias Mairuma mengakui, banyak investor yang ingin menanam modal di wilayah Kabupaten Kaimana. Namun dari ratusan proposal terkait investasi yang masuk dan berlabuh diatas meja, semuanya berkaitan dengan keinginan mereka mengembangkan kelapa sawit.

“Semua permohonan investasi yang masuk di meja saya itu mengenai kelapa sawit. Saya sudah melihat kelapa sawit di Tanah Papua ini, belum ada yang memberikan kontribusi bagi kesejahteraan orang papua,” ungkapnya pada sidang paripurna LKPJ Tahun 2018.

Kelapa sawit menurut Bupati, memang berpengaruh dalam mendorong pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Tetapi naiknya IPM ini tidak berdampak positif bagi kesejahteraan hidup masyarakat.

“Karena dengan masuknya kelapa sawit ini IPM kita pasti naik 100%, tapi persoalan naik 100% ini jangan kita pertentangkan karena itu bukan menjadi milik masyarakat. Itu peningkatan indeks perekonomian untuk dunia usaha,” ujar Bupati.

Dikatakan, di beberapa daerah, kelapa sawit justru merusak lingkungan dan menghancurkan hidup masyarakat karena lahan yang digunakan tidak bisa lagi digunakan untuk memgembangkan tanaman lain. “Nanti kita lihat, kalau ada orang Papua yang sejahtera di tanahnya dengan kelapa sawit saya mau menandatangani ijinnya,” ujarnya. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.