BPS Kaimana Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

0
59
BPS Kabupaten Kaimana, Jumat (27/5/2022) menggelar Sosialisasi Sensus Penduduk Long Form SP2020 (SP Lanjutan) dan Pembinaan Statistik Sektoral.
KAIMANA,KLIKPAPUA.com–Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana, Jumat (27/5/2022) menggelar Sosialisasi Sensus Penduduk Long Form SP2020 (SP Lanjutan) dan Pembinaan Statistik Sektoral melibatkan perwakilan OPD dan tokoh masyarakat.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Grand Papua Kaimana Hotel ini, digelar pula pencanangan dan penandatanganan komitmen bersama antar pihak BPS dengan Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam mensukseskan kegiatan Long Form SP2020.
Komitmen bersama dimaksud ditandatangani oleh Kepala BPS Kaimana, Masadi Yanry Koupun, SST, Pemda Kaimana oleh Sekretaris Daerah, Drs. Donald R. Wakum, tujuh Kepala Distrik, perwakilan TNI, Polri, serta perwakilan tokoh masyarakat.
Sekda Kaimana dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Kaimana, Luther Rumpumbo, menyampaikan apresiasi kepada BPS Kabupaten Kaimana dimana sebagai lembaga dengan visi ‘Penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju’ tahun ini kembali diberikan tanggungjawab besar untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung perencanaan dan evaluasi pembangunan.
Salah satunya adalah melalui kegiatan Sensus Penduduk Lanjutan atau Long Form SP2020.Karena pandemi Covid-19 sudah berangsur-angsur reda lanjut Sekda, diharapkan pelaksanaan lapangan Long Form SP2020 nantinya dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan tidak menemui kendala yang berarti.
Disebutkan, rangkaian kegiatan SP2020 lanjutan ini terbagi dalam dua tahapan yakni pendataan penduduk dengan menggunakan kuesioner sederhana (short form) yang sudah kita lalui bersama pada tahun 2020, kemudian dilanjutkan dengan pendataan menggunakan kuesioner yang lebih rinci (long form) pada tahun 2022.
“Ouput yang diharapkan dari pendataan Long Form SP2020 yaitu tersedianya data-data terkait parameter demografi seperti kelahiran, kematian dan migrasi serta informasi penting lainnya guna menghasilkan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan RPJMN bidang kependudukan,” ujar Sekda.
Sekda berharap, kehadiran para Kepala Distrik dan perwakilan OPD dalam kegiatan ini, dapat membantu mensosialisasikan pelaksanaan Long Form SP2020, serta dapat menciptakan pemahaman teknis, persamaan persepsi dan semangat yang sama dalam rangka mensukseskan kegiatan Long Form SP2020.
“Saya juga berharap Long Form SP2020 dapat menghasilkan data yang berkualitas sehingga dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan di Kabupaten Kaimana,” ungkapnya sembari menginformasikan bahwa cakupan kegiatan Long Form SP2020 di Kabupaten Kaimana adalah sebanyak 2.496 rumah tangga pada 156 blok sensus dan melibatkan 47 petugas yang terdiri dari 32 Petugas Pendata Lapangan (PPL), 11 koordinator tim dan 4 koordinator sensus kecamatan. (iw)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.