BPS Kaimana Canangkan Zona Integritas Menuju WBK-WBBM Tahun 2020

0
140
Pimpinan dan Staf BPS Kaimana usai pencanangan zona integritas.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana, Kamis (18/6/2020), melaksanakan pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2020. Hadir dalam kegiatan dimaksud, Pemerintah Daerah diwakili Asisten I Luther Rumpumbo, Wakil Ketua I DPRD Kaimana Jaquilina Claudia, Polres Kaimana diwakili Kasat Intel, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kaimana dan lainnya.
Kepala BPS Kaimana, Melianus Wamafwa, SE,M.Si dalam sambutannya mengatakan, hakekat dari pembangunan zona integritas adalah bagaimana kita membangun dan mengimplementasikan program Reformasi Birokrasi secara baik sehingga mampu menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik di satuan kerja.
Pembangunan zona integritas yang disusun oleh BPS lanjut Wamafwa, sangat selaras dengan reformasi birokrasi BPS Tahun 2010-2014. Hal ini berdampak positif karena BPS dapat dengan cepat beradaptasi dan dengan segera menyusun komitmen bersama untuk pembangunan zona integritas.
Dijelaskan, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, capaian indikator pelayanan data BPS terhadap consumer memiliki nilai diatas 80%, bahkan di tahun 2019 nilai kepuasan konsumen terhadap pelayanan BPS Provinsi Papua Barat mencapai 94,5%. Capaian ini merupakan hasil dari peningkatan pelayanan statistik yang berprinsip ‘closer to consumer.’
Untuk pengukuran pada tatanan internal lanjutnya, BPS Kabupaten Kaimana telah mengambil langkah konkrit untuk pencapaian target dan sasaran, diantaranya pembentukan Tim RB-BPS dan Tim Change Champion dengan tugas utama adalah merencanakan, menyusun, menjalakan serta mengawal seluruh rangkaian program kegiatan RB. “Keberhasilan pengukuran indikator internal ditunjukkan dengan pencapaian akuntabilitas kinerja Satker dimana mengalami peningkatan nilai SAKIP dalam kurun dua tahun terakhir. Perubahan juga diperlihatkan pada tahapan proses bisnis yang dibangun BPS PB,” ungkapnya.
Menutup sambutannya, Melianus mengatakan, seluruh agenda pembangunan zona integritas BPS Kabupaten Kaimana telah berjalan sesuai track yang diharapkan. Selanjutnya agenda kedepan adalah membangun kolaborasi dan elaborasi yang kuat dengan berbagai stakeholders terkait. “Akhir kata, semoga deklarasi yang kami gaungkan saat ini melalui pencanangan zona integritas, dapat menjadi lompatan signifikan bagi perwujudan visi dan misi BPS serta memajukan perstatistikan di Kabupaten Kaimana,” pungkasnya. (iw)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.