APBD Tahun 2020 Kaimana Baru Terserap 25 Persen

0
907
Irsan Lie, Ketua DPRD Kaimana.
KAIMANA,KLIKPAPUA.COM– Hingga bulan Juli, serapan APBD Kabupaten Kaimana untuk membiayai program dan kegiatan tahun 2020 baru mencapai 25%. Salah satu penyebabnya adalah adanya Pandemi Covid-19, sehingga program dan kegiatan yang sudah direncanakan tidak dapat dilaksanakan.
Ketua DPRD Kaimana, Irsan Lie menyampaikan ini ketika dikonfirmasi usai rapat bersama Pimpinan OPD terkait realisasi APBD Kabupaten Kaimana Semester Pertama Tahun Anggaran 2020, Senin (10/8/2020).
Menurut Irsan Lie, berdasarkan laporan dari seluruh OPD, penggunaan anggaran Tahun 2020 secara keseluruhan baru mencapai 25 persen. Rendahnya serapan anggaran ini disebabkan banyak kegiatan yang belum bisa dilaksanakan akibat Covid-19.
“Informasi awal yang kami dapatkan dari pertemuan dengan pimpinan OPD hari ini, bahwa secara umum realisasi APBD Tahun 2020 untuk semester pertama baru mencapai 25 %. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Pandemi Covid-19 menjadi salah satu kendala sehingga banyak program kegiatan yang belum berjalan,” terang politisi PDIP ini.
Irsan lebih lanjut menerangkan, dari sekian banyak OPD yang hadir dalam rapat bersama DPRD, hanya Dinas Lingkungan Hidup yang penyerapan anggarannya cukup tinggi dibanding OPD lainnya. Namun tingginya penyerapan anggaran pada Dinas Lingkungan Hidup ini, hanya terjadi pada belanja pegawai.
“Untuk serapan anggaran yang paling tinggi itu ada di Dinas Lingkungan Hidup. Itu pun untuk belanja pegawai. Makanya kami DPRD menyarankan agar OPD bisa memaksimalkan pemanfaatan anggaran di semester berikut. Artinya pemerintah daerah melalui OPD harus bekerja ekstra melaksanakan program dan kegiatan yang sudah dianggarkan” ungkap Irsan.(iw)
 Editor: BUSTAM
 
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.