90% Logistik Pemilu Telah Terdistribusi

0
293

KLIKPAPUA,KAIMANA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana sejak minggu 14 April melakukan pendistribusian logistik Pemilu ke 7 PPD menggunakan sarana transportasi laut.

Pendistribusian logistik Pemilu ini dilakukan bersamaan dengan pergeseran anggota PAM TPS dari Kepolisian dibantu TNI.

Hingga Senin petang, total logistik yang terdistibusi telah mencapai 90%. Masing-masing ke Distrik Yamor, Etna, Teluk Arguni, Arguni Bawah, Buruway, Kambrauw dan pedalaman Distrik Kaimana.

Selebihnya untuk Distrik Kaimana bagian pesisir akan didistribusi siang ini, sedangkan untuk wilayah kota akan diserahkan kepada PPD untuk didistribusikan pada hari H sebelum pemungutan suara.

Komisioner Devisi Teknis KPU Kaimana, Dominika Hunga Andung, S.Si saat dikonfirmasi disela memantau proses pemuatan logistik di Pelabuhan Kaimana, Senin (15/4) menjelaskan, pergeseran logistik telah dimulai pada H-4 Pemilu, Minggu 14 April dan dijadwalkan akan tersalurkan semua sebelum tahapan pencoblosan.

“Pendistribusian logistik sudah dilakukan sejak hari minggu dengan wilayah pertama yang menjadi fokus pengiriman Distrik Yamor, disusul pada senin pagi untuk Distrik Etna, Teluk Arguni, Arguni Bawah, Buruway, Kambrauw dan Distrik Kaimana pedalaman. Jadi untuk yang diluar kota semua sudah terdistribusi, Yamor dan Etna kita dahulukan karena letak geografis keduanya cukup sulit dijangkau, terutama Yamor,” terangnya.  

Dijelaskan, seluruh logistik yang didistribusi ini akan diturunkan di tingkat PPD, untuk selanjutnya PPD melanjutkan pendistribusian ke setiap PPS. Sistim ini diterapkan agar pendistribusiannya terkontrol secara baik.

Kecuali lanjutnya, untuk beberapa titik yang karena pertimbangan letak geografis, anggota PPD yang turut mengkawal pendistribusian bisa langsung menurunkannya di tempat. “Seperti di Teluk Etna misalnya, sebelum sampai di PPD di Kiruru, kapal pengangkut ini kan terlebih dahulu melewati beberapa kampung,” imbuhnya.        

Pantauan media ini, selain komisioner KPU dan Bawaslu, hadir memantau proses pemuatan logistik keatas kapal di Pelabuhan Kaimana, Sekda Rita Teurupun, Kapolres AKBP Robertus Pandiangan dan Dandim Letkol Inf. Sabdono Budi Wiryanto. Kapolres dan Dandim sendiri hadir untuk sekaligus memantau keberangkatan anggota PAM menuju TPS.

Logistik Pemilu untuk wilayah Kabupaten Kaimana ini sendiri diangkut menggunakan kapal kayu yang sudah diuji kelayakannya. Untuk wilayah Distrik Yamor, logistik akan diturunkan sementara waktu di Kampung Boiya/Lakahia, karena pelayaran menuju Yamor harus menggunakan longboat. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.