4 Fraksi DPRD Kaimana Beri Masukan dan Catatan Kritis ke Pemda

0
136
Anggota DPRD Kaimana pada penetapan APBD 2020.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM– DPRD Kabupaten Kaimana pada rapat paripurna pembahasan, penetapan dan persetujuan APBD Tahun Anggaran 2020 menyampaikan beberapa masukan dan catatan kritis kepada pemerintah daerah dalam fungsinya sebagai pengawas.

Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya yang sekaligua Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Charlie R.E Maipauw, dalam laporan pemandangan umum fraksi, meminta Pemerintah Daerah agar melalui distribusi APBD yang cukup besar dapat menghidupkan dunia pendidikan dan lebih giat menggerakkan program kesehatan pada arah peningkatan kualitas.

Menuntaskan pembangunan infrastruktur dengan mengedepankan kualitas; memperhatikan masalah air bersih, penerangan jalan dan pembangunan drainase demi terciptanya lingkungan yang bersanitasi; memberikan perhatian khusus pada lahan produksi kosong, potensi perikanan dan program rumput laut, destinasi wisata Triton, hingga melakukan evaluasi terhadap kinerja setiap OPD yang tidak mampu menterjemahkan RPJMD.

Sementara Fraksi Partai Golkar melalui juru bicara Frans Amerbay menyarankan Pemerintah Daerah agar sesegera mungkin mengambil kebijakan dan melakukan penghematan terhadap Belanja Tidak Langsung karena disparitas Belanja Tidak Langsung dengan Belanja Langsung semakin berhimpitan, melakukan survey tentang kebituhan pokok menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, serta kebijakan rekruitmen tenaga kontrak.

Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Fatamsya Furu, mengingatkan beberapa hal terkait; akuntabilitas pelayanan publik, program air bersih, evaluais program rumput laut, perbaikan managemen RSUD, pengadaan transportasi darat untuk para guru di wilayah terpencil, serta meminta agar DPA dapat direalisasikan Januari 2020.

Sedangkan Fraksi Gerakan Persatuan Rakyat, melalui juru bicara Lucky Loupatty mengingatkan beberapa hal yakni terkait managemen RSUD Kaimana; pengawasan terhadap tempat hiburan malam; memperhatikan pendidikan bagi putra asli Kaimana, peningkatan PAD, peredaran minuman keras dan galian golongan C; serta pengawasan terhadap rusaknya kawasan wisata Teluk Triton.

Saran dan catatan khusus dari DPRD Kaimana ini mendapat tanggapan positif dari Bupati Kaimana, Matias Mairuma. Bupati tegaskan, akan memberikan perhatian serius pada setiap program kegiatan yang bertujuan mensejahterakan masyarakat Kaimana.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.