246 Peserta Ramaikan MTQ Tingkat Pelajar se-Kaimana

0
58
Suasana Pawai Ta'ruf mengawali kegiatan lomba MTQ Tingkat pelajar se-Kabupaten Kaimana.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- 246 peserta akan memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Pelajar Tahun 2019 se-Kabupaten Kaimana, yang akan digelar 18-20 November 2019. Para peserta berasal dari 19 sekolah dalam wilayah Kabupaten Kaimana dengan batas usia maksimal 13 tahun untuk anak dan maksimal 18 tahun untuk pelajar.

Pembukaan MTQ Tingkat Pelajar ini diawali pawai Ta’ruf melibatkan para kontingen pada Minggu (17/11/2019). Pawai Ta’ruf ini sendiri dimulai dari Gedung Pertemuan Distrik Kaimana melintasi ruas jalan PTT, Nikolas Kabes, Lettu Idrus, Trikora, Cenderawasih dan kembali ke Gedung Pertemuan.

Kegiatan yang mengusung tema “Alquran Sebagai Literasi Pendidikan” ini digelar Lembaga Pengembangan Musabaqah Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kaimana, dengan pusat pelaksanaan lomba Gedung Pertemuan Kota Kaimana dan Masjid Sabillillah Jalan Veteran Kelurahan Kaimana.

Sekretaris LPTQ Kaimana yang juga Ketua Panitia Pelaksanaan MTQ, Usman Abdullah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit muda, terlebih khusus anak-anak asli Kaimana yang akan dibina tidak hanya untuk menghadapi MTQ Tahun 2020, tetapi juga untuk tahun-tahun selanjutnya.

Adapun mata lomba yang akan diperebutkan adalah; Tilawah, Hifdzil Qur’an, Syahril Qur’an, Fahmil Qur’an. “Ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Kaimana dalam rangka menjaring bibit-bibit mudah lokal anak negeri yang mampu mengembangakn Alquran bukan hanya untuk sekarang, tetap untuk masa-masa yang akan datang,” terangnya.

Sementara juri yang akan melakukan penilaian dalam kegiatan ini lanjutnya, selain juri lokal, panitia juga akan mendatangkan juri nasional dan juri provinsi. Ia berharap, kegiatan ini membuka ruang bagi anak-anak lokal asli Kaimana untuk berpartisipasi. Olehnya ia berharap agar setiap guru agama Islam yang ada disetiap sekolah, dapat membantu mempersiapkan anak-anak didiknya dalam menghadapi lomba. |Isabela Wisang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.