Pemenang AJP 2021 Kunjungi Titik Nol IKN Nusantara

0
98
Lokasi titik nol pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). (Foto: klikpapua)
BALIKPAPAN,KLIKPAPUA.com—Rombongan wartawan pemenang Anugrah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2021 melakukan kunjungan ke lokasi titik nol pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (1/6/2022).
Unit Manager Communication,Relations & CSR Pertamina Regional Papua Maluku Edi Mangun mengatakan, kehadiran wartawan pemenang AJP 2021 di Balikpapan untuk mengunjungi Kilang Pertamina, dimana diketahui distribusi BBM terbesar untuk wilayah Papua dan Maluku berasal dari kilang tersebut.
“90 persen berasal dari Kilang Balikpapan. Lalu sisanya dari Kilang Kasim di Sorong dan Kilang Cilacap. Ini yang menjadi alasan kenapa teman-teman perlu mengetahui Kilang Balikpapan,” ujar Edi Mangun. Kunjungan ke Kilang Balikpapan akan dilakukan esok hari.
Karena di wilayah ini ada proyek Nasional yang akan menjadikan Kaltim sebagai IKN Nusantara. “Jadi sekalian. Memang kita tidak menjadi bagian langsung, tetapi paling tidak kita pernah ada di sini, saat IKN belum jadi. Karena pasti nilainya beda,” tutur Edi Mangun.
Rombongan wartawan saat menjangkau titik nol IKN membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, menggunakan mini bus dari Kota Balikpapan.  Akses jalan menuju IKN melewati perbukitan. Sedikit sempit, hanya berupa dua jalur bolak balik. Namun kondisi jalan mulus, bentuknya jalan beton dan beraspal.
Masih pantauan, setelah keluar dari Kota Balikpapan, akses jalan Samboja-Sepaku volume kendaraan tidak terlalu ramai. Terlihat di samping kanan kiri jalan dominan hutan, beberapa kali juga ditemui tanaman sawit. Sesekali ditemukan pemukiman warga yang jumlahnya tak banyak dipinggir jalan. Dan saat memasuki titik nol IKN, jalannya belum diaspal. Kendaraan yang masuk ke area tersebut, harus menutup kaca jendela mobil dengan rapat. Sebagian besar warga yang berkunjung berasal dari Kota Balikpapan. (bm)
SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.