Menteri ATR Buka Rakornas IV KAHMI di Kota Batam

0
139

 

BATAM,KLIKPAPUA.com–Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN), Sofyan Djalil, membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), pada Jumat (25/2/2022) malam.

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali. Saat pemukulan gong, Sofyan didampingi Presidium Majelis Nasional (MN) KAHMI, Ahmad Doli Kurnia; Gubernur Kepri, Ansar Ahmad; Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad; dan Ketua SC, Fachrul Razi.

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyatakan, tidak pernah ada kegiatan berskala nasional yang digelar di Kepri dalam dua tahun terakhir. Tepatnya Indonesia dilanda pandemi Covid-19 sejak awal Maret 2020.

“Tapi alhamdulillah, atas izin Allah dan usaha kita, pandemi dapat kita kendalikan bersama, maka kita bisa kembali menggelar [acara nasional], akan tetapi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

“Maka, kita berharap, agar keluarga besar KAHMI bisa menjadi duta-duta protokol kesehatan dan mudah-mudahan pandemi segera berakhir,” imbuh dia.

Ansar pun mengucapkan terima kasih kepada KAHMI karena mempercayakan Kepri, terutama Batam, sebagai lokasi acara rakornas.

Sementara itu, Presidium MN KAHMI, Ahmad Doli Kurnia, menerangkan, rakornas merupakan agenda yang rutin digelar setiap tahunnya.

“Rakornas adalah media kita untuk konsolidasi, baik mengevaluasi apa yang sudah kita laksanakan sebelumnya dan proyeksi satu tahun ke depannya atau visi apa yang harus diimplementasikan,” bebernya.

Ketua Komisi II DPR ini mengingatkan, Rakornas KAHMI di Batam pun menjadi pemungkas bagi presidium periode 2017-2022. Karenanya, harus dimaksimalkan dari seluruh proses yang sudah dilaksanakan semenjak musyawarah nasional (munas) lima tahun silam.

“Konsolidasi internal yang sudah tinggal sisakan sembilan Majelis Wilayah (MW), yang semoga bisa cepat kita selesaikan sebelum munas. Semua harus sudah terbentuk atau dilantik yang baru,” harapnya.

Doli pun menginginkan forum ini dimanfaatkan bagi KAHMI bukan hanya untuk menawarkan solusi bagi berbagai masalah nasional, melainkan juga didorong hingga ke daerah masing-masing.

Adapun Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil, mengajak KAHMI mengubah pendekatannya dalam kaderisasi dengan tidak lagi menggunakan pendekatan ideologi, tetapi berupaya melahirkan kader-kader berjiwa pengusaha sehingga mau berkecimpung di bidang ekonomi dan bisnis.

Dirinya mendorong demikian lantaran sudah terlalu banyak kader HMI yang besar di dunia politik, pemerintah, bahkan menjadi akademisi. Namun, masih minim yang berkecimpung menjadi pengusaha dan mendirikan korporasi besar.

“HMI dalam banyak hal telah mencapai misinya dan banyak hal yang kita banggakan, misalnya di DPR, di mana-mana kalau kita lihat [juga] banyak tokoh-tokoh background HMI di pemerintah, di universitas,” terangnya.

“Tapi aspek satu lagi, bagaimana menyiapkan profesional di dunia usaha. Jadi, entrepreneur muda di HMI haru kita dorong,” tambahnya.

Menurutnya, ada sebagian kader HMI yang terjun sebagai pengusaha. Namun, sifatnya hanya sementara karena tujuannya hanya mencari modal untuk selanjutnya masuk ke dunia politik. Dia menyebutnya dengan entrepreneur aktivis.

“Entrepreneur aktivis ini adalah kontemporer, sementara karena background-nya mau masuk dulu [untuk] cari uang dulu buat masuk poltk. Menurut saya, ini tidak mungkin akan bisa membangun korporasi besar kalau tidak ada yang fokus,” bebernya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Pelaksana Rakornas IV KAHMI, Anita Ariyani, dalam laporannya menyatakan, sebanyak 28 dari 34 MW KAHMI se-Indonesia mengikuti kegiatan secara langsung. Adapun enam MW lainnya bergabung secara daring via Zoom Meeting.“Dan Majelis Daerah (MD) di luar Kepulauan Riau [juga] hadir secara online,” ucapnya.

Anita pun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kepri serta Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, karena telah menyiapkan tempat dan memfasilitasi pelaksanaan Rakornas IV KAHMI.

“Tak lupa saya atas nama panitia mohon maaf sebesar-besarnya apabila dalam mengantarkan cara ini ada hal yang kurang berkenan. Insyallah, akan kami perbaiki,” tandasnya.

Rakornas IV KAHMI juga turut dihadiri beberapa pengurus dan tokoh KAHMI ataupun undangan lainnya, yang hadir secara online maupun offline. Mereka di antaranya adalah Koordinator Presidium MN KAHMI, Ahmad Riza Patria; Sekretaris Jenderal MN KAHMI, Manimbang Kahariady; Ketua Dewan Penasihat KAHMI, Akbar Tandjung; MW-MD KAHMI dan FORHATI se-Indonesia; pengurus HMI Badko Riau-Kepri; pengurus HMI Cabang se-Kepri; dan perwakilan BP Batam. (rls)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.