Vokal Grup SMA Ransiki Juara I YOI FEST BNPT-FKPT Papua Barat

0
FKPT Papua Barat bersama BNPT sukses menggelar YOI Fest di Manokwari, SMA Negeri Ransiki-Mansel keluar sebagai pemenang. (Foto: klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Vokal grup asal SMA Negeri 1 Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) berhasil meraih juara I pada pergelaran lomba Youth of Indonesia Festival (Yoi Fest) yang diselenggarakan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua Barat, Rabu (9/10/2024).

Selain vokal grup dari SMA Ransiki, sejumlah sekolah lain juga berhasil meraih prestasi. Band SMA Negeri 1 Kabupaten Manokwari berhasil meraih juara kedua, sementara vokal grup SMA Taruna Kasuari Nusantara, Kabupaten Manokwari meraih juara ketiga.

Kemudian, juara harapan I, tarian perdamaian dari SMA negeri 1 Manokwari, juara harapan II, Puisi dari SMA Santo Paulus Manokwari, juara harapan III, vokal solo dari SMK Negeri 2 Manokwari,

Yoi Fest yang berlangsung dengan penuh semangat itu diselenggarakan dengan tujuan memberdayakan generasi muda sebagai agen perubahan positif dan memperkuat upaya pencegahan terhadap paham radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Kinerja BNPT, M. Unggul Abdul Fatah, menegaskan pentingnya peran generasi muda dalam menghadapi tantangan bangsa. 

“Kegiatan seperti ini adalah contoh konkret dari upaya preventif dalam mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Indonesia. Dengan melibatkan generasi muda, kita memperkuat pondasi bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang,” ujarnya.

M. Unggul Abdul Fatah juga menyoroti bahwa ancaman terhadap Indonesia saat ini tidak hanya datang dari luar, tetapi juga dari dalam negeri melalui gerakan ekstremisme, radikalisme, dan terorisme. 

“Ancaman yang dihadapi oleh Indonesia dewasa ini tidak hanya datang dari kekuatan eksternal saja, tapi juga oleh kekuatan domestik melalui gerakan-gerakan ekstremisme, radikalisme, dan terorisme,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua FKPT Papua Barat, Musa Kamudi, menyampaikan komitmen untuk terus mendukung generasi muda dalam upaya pencegahan terorisme. 

“Melalui kegiatan Youth of Indonesia yang dilaksanakan hari ini, kami menegaskan komitmen kami untuk terus mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan serta perkembangan generasi muda sebagai agen perubahan yang positif dalam masyarakat,” katanya.

Jessica Yo selaku juri nasional menyampaikan bahwa generasi muda memiliki peran krusial bagi suatu bangsa karena mereka adalah generasi penerus yang akan membentuk masa depan negara. 

Dengan berbagai potensi yang mereka miliki, seperti kemampuan berinovasi dan berkreasi, menjadi agen perubahan, kekuatan masa depan, serta penjaga warisan budaya, mereka akan menentukan arah perkembangan bangsa.

“Generasi muda memegang peran penting dalam sebuah bangsa, karena mereka merupakan penerus yang akan menentukan masa depan negara. Dengan potensi yang beragam, seperti kreativitas, inovasi, peran sebagai agen perubahan, tenaga kerja masa depan, dan pelestari budaya, mereka memiliki andil besar dalam menentukan arah kemajuan bangsa,” ucapnya.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi budaya, tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan kreativitas serta memperdalam rasa cinta terhadap kebudayaan dan bangsa Indonesia. 

Dengan kehadiran para pemuda dari berbagai sekolah di Manokwari dan sekitarnya, acara ini diharapkan dapat memperkokoh semangat persatuan dan solidaritas dalam melawan paham radikal terorisme.

Para pemenang lomba mendapatkan hadiah uang pembinaan serta sertifikat sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam melestarikan budaya dan mendukung upaya pencegahan terorisme.

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum penting bagi generasi muda Papua Barat untuk semakin menyadari peran mereka dalam menjaga persatuan dan mencegah paham-paham radikal melalui seni dan budaya. (dra)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.