Paslon Pilkada Manokwari Deklarasikan Komitmen Jaga Netralitas ASN

0
Bawaslu Manokwari menggelar deklarasi kampanye damai untuk Paslon peserta Pilkada 2024. (Foto: Gemelin/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Manokwari, Bernard Boneftar- Eddy Waluyo (BERBUDI) dan Hermus Indou-Mugiyono (HERO), berkomitmen menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada 2024.

Komitmen ini ditegaskan dalam deklarasi kampanye damai yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Manokwari pada, Kamis (3/10/2024).

Eddy Waluyo, calon wakil bupati dari pasangan BERBUDI, menyatakan bahwa penandatanganan deklarasi ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama untuk menciptakan Pilkada yang bersih dan demokratis.

“Ini mengikat kita masing-masing. Semoga jangan ada praktek-praktek yang digunakan. Ini merupakan beban moril untuk saya untuk berlaku baik,” ujarnya.

Senada dengan Eddy, Mugiono, calon wakil bupati dari pasangan HERO, juga menekankan pentingnya menjaga netralitas ASN.

“Ini merujuk komitmen bersama, baik yang bertanda tangan maupun tidak. Bawaslu sudah mengarahkan kita untuk menciptakannya kampanye yang damai,” katanya.

Mugiono mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mengawasi jalannya Pilkada agar tidak terjadi pelanggaran, terutama yang melibatkan ASN.

Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Idie, mengapresiasi komitmen para pasangan calon dalam menjaga netralitas ASN.

“Sukses penyelenggaraan Pilkada mengedepankan integritas dari pihak penyelenggara juga semua instansi. Proses ini mengedepankan prinsip dan aturan,” ujarnya.

Statistik pelaksanaan Pilkada sebelumnya menunjukkan bahwa pelanggaran netralitas ASN cukup tinggi. Oleh karena itu, deklarasi ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen bersama.

Elias juga mengingatkan pentingnya integritas dalam penyelenggaraan Pilkada. “Semua pihak, baik penyelenggara maupun peserta, harus mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi dan menjunjung tinggi aturan yang berlaku,” tegasnya. (mel)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.