Sambut Rektor Dr.Hugo Warami, Unipa Gelar Prosesi Adat dan Ramah-Tamah

0
Iring-iringan tarian Wor mengatarkan Rektor Universitas Negeri Papua (Unipa), Dr.Hugo Warami ke Rektorat Unipa, Selasa (24/9/2024). (Foto: klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Rektor Universitas Negeri Papua (Unipa), Dr.Hugo Warami telah dilantik oleh Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim di Kemendikbut, Jakarta.
Untuk memulai tugasnya maka Unipa menggelar acara prosesi adat dan ramah-tamah, yang belangsung di halaman Rektorat Unipa, Selasa (24/9/2024).
Proses adat dilakukan oleh Suku Biak, diketahui Dr.Hugo Warami berasal dari suku tersebut, yang diawali dengan iring-iringan tarian Wor, yang mengantarnya bersama istri ke Gedung Rektorat Unipa.
Kemudian dikenakan Mahkota oleh Kepala Suku Biak di Manokwari, Petrus Makbon dan penyerahan piring sesuai tradisi Suku Biak.
Mengawali sambutan, Kepala Suku Besar Arfak yang juga Sera Uma (keluarga besar Waropen), Dominggus Mandacan mengajak civitas academica Unipa, menyambut baik Dr.Hugo Warami sebagai Rektor baru di kampus tersebut.
Kepala Suku Besar Arfak yang juga Sera Uma (keluarga besar Waropen), Dominggus Mandacan
Dominggus menceritakan tantangan Faferta menjadi Unipa, yang sebelumnya masih bergabung dengan Uncen Jayapura.
“Pada waktu itu ada yang pro dan kontra dengan nama Unipa. Saya panggil pihak-pihak yang tidak setuju, mari kita terima. Supaya kita bisa punya universitas sendiri,” kata Dominggus yang kala itu menjabat Bupati Manokwari.
Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Papua Barat, Nataniel Mandacan menyampaikan selamat atas pelantikan Dr.Hugo Warami sebagai Rektor Unipa. “Kiranya pelantikan ini menjadi dasar bagi pelaksanaan tugas Rektor Dr.Hugo Warami di Unipa,” katanya.
Ketua APTISI Papua Barat, Nataniel Mandacan
Sebagai perwakilan perguruan tinggi swasta, mereka berharap Unipa bisa menjadi “Kakak Sulung”, yang akan mendukung, memberikan arahan dalam pengembangan pendidikan perguruan tinggi swasta di Papua Barat.
“Kami berharap Dr.Hugo sebagai pemuda, cerdas, punya semangat tinggi, untuk terus mendorong perguruan tinggi swasta yang ada di Papua Barat, lebih khusus yang ada di Manokwari, sehingga sama-sama berjalan, untuk menyiapkan sumber daya manusia di Papua Barat, menyongsong masa depan, generasi muda di waktu-waktu yang akan datang,” harap Nataniel.
Rektor Unipa, Dr.Hugo Warami menyampaikan bahwa ia dipilih menjadi Rektor Unipa adalah kemenangan bagi semua. Ia menyebut ada tiga pesan Menteri Pendidikan kepadanya. Bangun kembali ketimpangan akses, bangun kembali ketimpangan mutu dan bangun kembali relevansi pendidikan.
Ketimpangan akses adalah memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi Orang Asli Papua (OAP) untuk menikmati akses pendidikan di Unipa. Ketimpangan mutu, bahwa semua yang berpendidikan di tanah Papua tidak ketinggalan dengan daerah lain. Dan relevansi kepentingan hari ini tidak lagi menjadi suplayer lulusan, tetapi harus menjadi menjadi mesin yang menjawab kebutuhan yang ada di pemerintah daerah. (red)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.