Kodim 1804 Kaimana Gelar Apel Pengamanan Pilkada, Pastikan Semua Tahapan Aman

0
Kodim 1804 Kaimana Gelar Apel Pengamanan Pilkada 2024. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com-Komando Distrik Militer (Kodim) 1804 Kaimana melaksanakan apel gelar pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, Selasa (20/08/2024) di lapangan Kodim Kaimana.

Apel ini dipimpin langsung oleh Dandim 1804 Kaimana, Letkol Inf. Ruruh Sejati, dan dihadiri Bupati Kabupaten Kaimana, Freddy Thie, Forkopimda, Danyon Batalyon 764/IB, Mayor Inf Anton Timotius Milala.

Hadir juga Ketua Dewan Adat Kaimana, Lewy Oruw, Ketua Bawaslu Kaimana, Siti Nurliah Indah Purwanti, Komandan SAR Kaimana, Silas Wopari.

Amanat tertulis Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Haryanto yang dibacakan Dandim Kaimana mengatakan, gelar pasukan yang saat ini dilaksanakan merupakan bentuk pengecekan sejauh mana kesiapan dalam mendukung pengamanan pilkada tahun 2024, di wilayah Papua Barat.

Selain fokus pada aspek personel, apel ini juga melibatkan pengecekan kesiapan materiil dan alat perlengkapan yang akan digunakan dalam pengamanan pilkada nanti.

“Sehingga setiap tahapan pilkada di wilayah Provinsi Papua Barat, perlu untuk dikawal dengan baik, sehingga mencegah konflik yang terjadi,” tegas Pangdam VIII Kasuari.

Dengan demikian kelancaran pilkada dapat berjalan dengan aman dan nyaman, untuk itu kita dituntut untuk bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa, untuk mewujudkan stabilitas keamanan yang kondusif.

“Mari kita bersatu gaungkan terus pilkada damai di kalangan masyarakat, hindari kampanye hitam dan aktivitas lainnya yang dapat menodai pelaksanaan pilkada, sehingga menimbulkan perpecahan dan mengancam kebhinekaan serta kesatuan bangsa,” ucapnya.

Pangdam VIII Kasuari menekankan beberapa hal penting untuk dipedomani yakni, hindari pelanggaran sekecil apapun yang berkaitan dengan tahapan, lakukan pengecekan secara terus menerus dan pastikan semua bagian memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Tingkatkan kewaspadaan yang tinggi dalam mengantisipasi setiap perkembangan situasi yang menganggu stabilitas keamanan, bertindak secara profesional dengan menjunjung tinggi ketentuan hukum yang berlaku, dan tingkatkan koordinasi secara optimal. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.