Kodim 1808 Manokwari Selatan Gelar Apel Pengamanan Pilkada 2024

0

MANSEL,KLIKPAPUA.com— Kodim 1808/ Manokwari Selatan menggelar apel pengamanan pilkada serentak, sekaligus penandatanganan deklarasi pilkada damai tahun 2024 yang berlangsung di halaman Makodim Mansel Kampung Tobou, Distrik Ransiki, Kabupaten Mansel, Provinsi Papua Barat, Selasa (20/8/2024).

Berdasarkan pantauan apel pengamanan pilkada serentak tersebut diikuti oleh sejumlah personil Kodim Mansel, personil Rindam XVIII/ Kasuari, personil Polres Mansel, personil comando cadangan (Comcad), personil Satpol-PP dan Damkar serta tenaga kesehatan.

Pangdam XVIII/Kasuari dalam amanat tertulis yang dibacakan Dandim 1808/ Mansel Letkol Arm. Adin Suroyo mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan ini merupakan bentuk pengecekan sejauh mana kesiapan dalam rangka mendukung pengamanan kegiatan pilkada tahun 2024 di wilayah Papua Barat.

Selain fokus pada aspek personil, menurutnya, apel ini juga untuk pengecekan kesiapan materil dan alat perlengkapan yang akan digunakan dalam pengamanan pilkada serentak tahun 2024.

Dikatakan bahwa pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislatif lalu dapat berjalan aman, tertib dan lancar semua berkat partisipasi dan dukungan serta kerja sama dari semua pihak.

Untuk itu, pada proses tahapan pemilihan kepala daerah di wilayah Provinsi Papua Barat yang sementara berlangsung, harus dijaga dengan baik, agar dapat mencegah terjadinya konflik. Sehingga kelancaran pemilihan kepala daerah dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Ingat kita dituntut untuk mampu bekerja sama seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah Papua Barat,” tuturnya.

“Kita tidak boleh mengesampingkan potensi konflik sekecil apapun dan harus dapat mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik besar yang dapat mengancam keutuhan bangsa,” sambungnya.

Ia mengajak semua pihak untuk hilangkan ego sektoral yang timbul akibat pola pikir sempit dan dangkal. “Mari kita terus bersatu gaungkan terus pilkada damai dikalangan masyarakat sehingga muncul keinginan untuk menjaga ketertiban dan keamanan,” ajaknya.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam apel tersebut, Bupati Mansel diwakili staf ahli Bidang Pemerintah Yesaya Tuhepary, Danrindam XVIII/Kasuari, Wakapolres Mansel, Danrindam XVIII/Kasuari, tokoh masyarakat, perwakilan partai politik. (aco)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.